Tingkatkan Produktifitas Dan Kualitas Kelapa Sawit, Pemprov Kalsel Laksanakan PSR | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Senin, 12 April 2021

Tingkatkan Produktifitas Dan Kualitas Kelapa Sawit, Pemprov Kalsel Laksanakan PSR


BERITABANJARMASIN.COM - Pj Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal ZA  melakukan penanaman sawit  sebagai bentuk simbolis pelaksanaan Peremajaan Sawit Rakyat atau PSR.

Turut hadir Acara yang dilaksanakan oleh  Perwakilan Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian,  Bupati Tanah Laut beserta jajaran forkopimda serta perwakilan vertikal dan perbankan. 

Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan produktifitas dan kualitas buah kelapa sawit, khususnya untuk perkebunan rakyat. 

Pj Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal dalam sambutannya menyampaikan sektor pertanian adalah salah satu sektor yang dapat bertahan di era pandemi secara nasional, termasuk masa depan Kalsel. 

“Untuk saat ini memang penyumbang devisa terbesar kita adalah tambang. Namun tambang adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, masa depan kita adalah pertanian,” ucap Safrizal, Kabupaten Tanah Laut, Senin (12/4/2021).

Safrizal juga menyampaikan bahwa sektor sawit, baik sawit rakyat maupun sawit perusahaan atau swasta harus sama-sama maju. 

“Terutama untuk perkebunan rakyat harus disubsidi oleh anggaran agar dapat maju berbarengan dengan sektor perkebunan swasta, agar sama-sama membantu perekonomian negara,” tuturnya.

Dirjen Perkebunan yang diwakili  Agus Hartono yang juga Ketua Tim PSR bahwa sumber dana dari program PSR ini sendiri adalah dari hasil pungutan ekspor yang dikelola oleh BPDB.

“Sumber dana dari program ini adalah dana dari pungutan ekspor yang di sub kelolakan oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan yang bekerja sama dengan Dirjen Perkebunan Kementrian Pertanian” ucap Agus.

Selanjutnya, Agus juga menyampaikan 3 sasaran PSR atau replanting sawit. 

“Ada 3 sasaran PSR atau replanting, yaitu kelapa sawit yang berumur diatas 25 tahun, yang kedua produksinya kurang dari 10 hektare per tahun dan yang ketiga adalah benih yang tidak bersertifikat,” ujarnya. (MC Kalsel/rilis)


 

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only