Disukai Warga Banjarmasin, Begini Kepemimpinan dan Sosok Ibnu Sina | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 24 April 2021

Disukai Warga Banjarmasin, Begini Kepemimpinan dan Sosok Ibnu Sina

 


Banjarmasin – Ibnu Sina, Wali Kota Banjarmasin 2016-2021, dikenal sebagai sosok rendah hati, santun dan ramah kepada warga kota seribu sungai. Saat menjabat, Ibnu Sina bahkan disapa oleh warganya sebagai ‘Bapak UMKM’ karena ikhtiar kerasnya mendukung dan mendorong tumbuhnya bisnis para pelaku UMKM di Kota Baiman. 

Di sektor kesehatan masyarakat, Ibnu Sina telah membangun RSUD Sultan Suriansyah empat lantai yang diresmikan pada 24 September 2019 sebagai pendukung RSUD Ulin. Tentu tujuannya agar semakin banyak masyarakat Banjamasin dan bahkan warga Kalsel lainnya yang terlayani. 

Sementara untuk sektor pariwisata, Wali Kota Ibnu Sina mendorong tumbuhnya kampung wisata-kampung wisata di Kota Banjarmasin. Sampai akhir menjabat periode pertama, telah muncul 21 kampung wisata yang dikelola oleh Pokdarwis atau Kelompok Sadar Wisata yang merupakan warga dan pemuda kampung setempat. 

“Kampung Wisata selain bertujuan menjadikan kampung-kampung di Banjarmasin menjadi cagar budaya agar tak tergerus zaman, tentu juga bakal membuka lapangan kerja dan termasuk mendorong pertumbuhan para UMKM di kampung tersebut,” kata Ibnu Sina.

Sebutan Bapak UMKM yang diberikan oleh para pelaku usaha mikro kecil dan menengah, tampaknya tak bisa dilepaskan dari dukungan penuh Wali Kota Ibnu selama menjabat terhadap para pelaku UMKM. Sebut saja berdirinya ‘Rumah Sasirangan’ di dekat fly over yang menjadi tempat para UMKM menjual produk mereka, mulai dari kain sasirangan, souvenir dan bahkan produk camilan khas Banjarmasin.

Tak hanya itu, ada pula Kampung Kuliner Banua Anyar yang terletak di tepian Sungai Martapura. Para pengunjung bisa menikmati indahnya sungai Martapura sembari menikmati Soto Banjar atau lezatnya ikan bakar. Sementara untuk selfie atau swafoto, disediakan Jukung atau perahu khas Kalimantan yang diberi lampu berwarna-warni di malam hari, juga telah dirombak menjadi tempat bersantap.

Menjelang Pemungutan Suara Ulang (PSU) 28 April 2021, sebagian masyarakat di wilayah PSU merasakan kehadiran sosok kepemimpinan Ibnu Sina dan berharap kembali melanjutkan terobosan-terobosannya selama ini.

Zuraidah (55), ibu rumah tangga yang tinggal di Komplek Warga Indah I, Kelurahan Basirih mengaku jalan menuju rumahnya dibangun dan menjadi bagus saat Wali Kota Ibnu menjabat.

Sementara itu Angga (23), owner kedai pulsa handphone yang tinggal di Kelayan A, Kelurahan Murung Raya, secara terbuka juga menyatakan menginginkan Ibnu Sina, Bapak UMKM, kembali membantu UMKM-UMKM di Kota Banjarmasin. “Baiknya sidin menjabat lagi biar kami para UMKM bisa dibantu sehingga maju,” tambahnya.

Sepak terjang Ibnu Sina selama menjabat Walikota Banjarmasin juga dirasakan Hj Khairiyah (62), warga RT 24 di Kelurahan Murung Raya.

“Walaupun kami jauh dari kota, kami merasakan pembangunan di masa Wali Kota Ibnu Sina,” kata Hj Khairiyah.

Hal menarik disampaikan Afriyanti (50), pemilik warung di Jl Ahmad Subarjo, Kelurahan Mantuil. Menurut Afriyanti, dia telah lama mengenal Ibnu Sina saat sekitar empat tahun lalu diajak almarhum suami mengikuti acara yang digelar Pak Wali Kota.

“Ulun suka beliau sejak lama karena dulu beberapa kali diajak almarhum suami bersilaturahmi dengan sidin di beberapa acara. Meski suami dan ulun hanya masyarakat bawah, namun sidin tak segan berjabat tangan dan melontarkan beberapa pertanyaan pada ulun,” katanya sembari tersenyum mengenang kejadian itu.

 (Rilis/Rz)



)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner