Aliansi Buruh Kalsel Minta THR Dibayar Penuh | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Senin, 12 April 2021

Aliansi Buruh Kalsel Minta THR Dibayar Penuh

BERITABANJARMASIN.COM Aliansi Pekerja Buruh Banua (PBB) meminta Tunjangan Hari Raya (THR) dibayar penuh tanpa dicicil. Aspirasi ini disampaikan dalam rapat dengar pendapat (RDP) di DPRD Kalsel, Senin (12/4/2021).

"Kami menegaskan kepada Disnakertrans dan asosiasi pengusaha untuk benar-benar memberikan THR tidak dengan mencicil," ujar Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, HM Lutfi Saifuddin.

Sementara itu, Koordinator Aliansi PBB Yoeyoen Indharto mengemukakan Disnakertrans telah menyatakan membuka posko laporan bagi perusahaan yang belum mampu memberikan THR penuh dengan syarat wajib terpenuhi. "Jadi bukan hanya sekedar lapor tetapi perusahaan ada audit bahwa dua tahun berturut-turut merugi," katanya.

Jika tidak ada laporan, pihaknya akan menganggap semua perusahaan bisa membayar THR penuh bagi pekerja buruh. "Jadi tidak ada alasan perusahaan mencicil THR buruh," ucapnya.

Disamping itu, Kepala Disnakertrans Provinsi Kalsel, Siswansyah mengatakan pada tahun 2020 perusahaan yang mencicil THR relatif kecil hanya lima persen. Sedangkan pada tahun 2021 ini, surat edaran (SE) Menteri Ketenagakerjaan (Menaker),

mengharapkan semua persahaan dapat membayar THR secara penuh. "Apabila  perusahaan belum mampu maka akan diaudit dan THR tetap harus dibayarkan," ucapnya. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only