Supian HK: Dampak Normalisasi Sungai Perlu Diperhatikan | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Senin, 01 Maret 2021

Supian HK: Dampak Normalisasi Sungai Perlu Diperhatikan

BERITABANJARMASIN.COM - Ketua DPRD Kalsel, Supian HK mengapresiasi pembongkaran bangunan dan jembatan untuk normalisasi sungai di Banjarmasin, Senin (1/3/2021).

Seperti yang dilakukan Satgas Normalisasi Sungai Kota Banjarmasin belum lama ini yang menyasar salah satu jembatan milik Bulog Kalsel.

Dimana jembatan tersebut dibongkar karena dianggap tidak memenuhi standar dalam aturan pemerintah kota.

Mengingat tinggi jembatan tersebut dinilai sangat rendah sehingga saat air pasang (banjir) rentan terjadi penyumbatan aliran sungai.

Ia pun mendukung pembangunan jembatan harus dibuat lebih tinggi dari air dan dibuat melengkung.

Kendati demikian menurutnya dilakukan normalisasi baik itu mengenai bangunan atau jembatan termasuk di instansi pemerintahan tujuannya untuk menanggulangi banjir namun jangan sampai hal itu dilakukan dengan cara gegabah sehingga tidak memberikan solusi usai pembongkaran dilaksanakan.

"Ini perlu dikoordinasikan dan dikomunikasikan benar-benar dengan pihak terkait agar kedepannya tidak menimbulkan masalah," jelasnya.

Sementara itu perlu diperhatikan juga  penggunaan alat berat dalam normalisasi sungai yang dikhawatirkan merusak ruas jalan yang dilewati. 

"Kita berharap normalisasi berjalan baik dan akibat dampak yang ditimbulkan dapat segera diatasi," ucapnya. 

Lanjutnya, Pemprov  Kalsel telah memiliki Perda Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana sebagai salah satu langkah pencegahan dan penanggulangan bencana. 

Juga sebagai payung hukum pemerintah dalam menetapkan kebijakan saat beresiko timbulnya bencana, kegiatan pencegahan bencana, tanggap darurat dan rehabilitasi. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only