Dana Hibah Minim, Kontingen Kalsel Terancam Gagal Berangkat PON XX Papua | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 13 Maret 2021

Dana Hibah Minim, Kontingen Kalsel Terancam Gagal Berangkat PON XX Papua

BERITABANJARMASIN.COM - Sekretaris Umum KONI Kalsel, Enly Hadianor mengatakan kontingen baik atlet, pelatih, dan official terancam gagal berangkat ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 mengingat dana hibah yang diterima sangat minim.

"Dengan Rp7,24 miliar
dana hibah yang kita terima, kontingen  terancam gagal berangkat ke PON XX di Papua," katanya kepada BeritaBanjarmasin.com, Sabtu (13/3/2021).

Meskipun disepakati hanya 10 cabang olahraga (cabor) diprioritaskan untuk dibina pada pertandingkan di PON XX Papua Oktober mendatang, nilai anggaran tersebut tetap masih sangat jauh dari harapan, sebab pembinaan memerlukan anggaran yang cukup besar belum lagi Kalsel telah ditarget  membawa pulang 14 medali emas di ajang bergengsi tersebut.

"10 cabor saja darimana anggaran untuk berangkat. Karena Rp7,24 miliar untuk di KONI tidak mungkin, Dispora pun mengatakan tidak ada anggaran untuk itu," ucapnya.

Sebagai perbandingan, Kalbar memperoleh peringkat ke 23 pada PON XIX tahun 2016 di Jabar dengan dana hibah sebesar Rp30 miliar. Sedangkan pada PON XX Papua dipastikan dana hibah yang diterima KONI Kalbar berkisar antara Rp20-25 miliar. 

Di kancah PON XIX, Kalsel mampu bersaing memperoleh peringkat 16 sementara untuk persiapan tahun ini dana yang diterima melaju di PON XX Papua hanya sebesar Rp7,24 miliar.

"Ini sebagai gambaran, jika kita lihat prestasi PON lalu, Kalbar berada di bawah kita namun dalam segi anggaran mampu melebihi kita," cetusnya.

Karena ini merupakan event empat tahunan seharusnya kata Enly anggaran untuk PON ini yang lebih di utamakan. Sebab, menunggu di APBD perubahan dikhawatirkan tidak terealisasi mengingat PON Papua sudah mulai dilaksanakan di bulan September 2021.

Sebelumnya KONI Kalsel mengusulkan sebesar Rp30 miliar lebih untuk PON XX di Papua, setelah dirasionalisasi didapat angka Rp29 miliar. 

Informasi mengejutkan diterima KONI Kalsel bahwa dalam dana hibah yang disetujui mereka hanya mendapat Rp7,24 miliar dari total anggaran Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel kurang lebih Rp90 miliar. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner