Jalan Rusak, Pendistribusian Gas Elpiji 3 Kilogram ke Tanbu Terhambat | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Sabtu, 27 Februari 2021

Jalan Rusak, Pendistribusian Gas Elpiji 3 Kilogram ke Tanbu Terhambat

BERITABANJARMASIN.COM, BATULICIN -  Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagri) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), H Deny Haryanto menyampaikan musibah banjir di Tanah Laut sejak 14 Januari 2021 menyebabkan pendistribusian elpiji tiga kilogram terhambat sehingga harganya mahal dan langka.

"Stok Elpiji yang ada di wilayah kita di Tanbu itu jalur distribusinya terhambat karena faktor jalan yang ada di Tanah Laut putus," ungkapnya, Sabtu (27/2/2021).

Sehingga kata dia, biasanya muatan dari Stasiun Pengisian Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE) ada 39 ton per satu kali angkutan, sekarang maksimal hanya 5 ton. 

"Secara otomatis kebutuhan akan pasokan kita di Tanbu tidak mencukupi untuk di masyarakat," ungkapnya.

Kenaikan harga gas melon tiga kilogram saat ini berkisar dari Rp 45 ribu hingga Rp 60 ribu. Saat ini, kata dia pihaknya tengah melakukan berbagai upaya untuk solusi terhadap kendala kelangkaan tersebut.

"Kita cari jalan keluar, kemarin pemerintah daerah melalui disdagri mengadakan rapat untuk memecahkan persoalan mencari jalan keluarnya," ujarnya

Ada sekitar 278 pangkalan, kemudian agen tunggal SPBE, dan stasiun pengisian bahan energi yang ada di Tanbu dilakukan pemanggilan.

"Kita panggil semua agen di Tanbu kemudian asosiasi, pangkalan-pangkalan yang sebanyak di seluruh Kecamatan," terangnya.

Dikatakan, memang saat ini harga Elpiji beredar dipasaran tidak sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET).

"Harga memang tinggi, sebenarnya bukan wajar justru itu kita cari jalan keluarnya, mudahan usai pertemuan kemarin, dalam waktu dekat ini harga bisa sudah kita tekan, jangan lagi melampaui batas maksimal. Diatas harga HET yang sudah ditentukan pemerintah provinsi Kalsel ke wilayah kita Tanbu," pungkas dia. (adv/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only