Disdik Kota Banjarmasin Rencanakan US Tatap Muka Awal April 2021 | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Rabu, 24 Februari 2021

Disdik Kota Banjarmasin Rencanakan US Tatap Muka Awal April 2021

BERITABANJARMASIN.COM - Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin rencanakan Ujian Sekolah (US) tatap muka pada awal April 2021.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Totok Agus Daryanto memaparkan Ujian Nasional (UN) tahun ini ditiadakan dan diganti dengan US tersebut.

"Rencananya US akan digelar dengan menerapkan sistem tatap muka, menggunakan pola kehadiran 50:50," ujarnya, Rabu (24/2/2021).

Dari total keseluruhan siswa akan dibagi dua kelompok untuk bisa menjalani Ujian Sekolah yang akan dilaksanakan di ruang belajar sekolah nantinya.

Pola kehadiran siswa tersebut tentu dilaksanakan tanpa mengesampingkan penerapan protokol kesehatan yang ketat layaknya belajar tatap muka di masa pandemi Covid-19.

"Kita terapkan sistem 50 persen dari total kapasitas ruang belajar, dan tetap menerapkan protokol kesehatan," tegasnya.

Mencakup seluruh sekolah baik tingkat SMP dan SD yang terdaftar di Pemkot Banajrmasin. Sesuai hasil rapat bersama K3S, ujian tersebut akan dilakukan dengan menggunakan media komputer atau berbasis internet ataupun secara tertulis.

"Namun tentu juga kami serahkan kepada sekolah untuk kesanggupan dalam memfasilitas siswanya," kata dia.

Ia menambahkan pihaknya tengah menunggu instruksi dari Kementerian Pendidikkan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk kepastian tanggal pelaksanaannya.

Untuk diketahui kebijakan penghapusan Ujian Nasional (UN) di tahun 2021 diterbitkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makarim melalui Surat Edaran (SE) Nomor 1 tahun 2021, tertanggal 1 Februari lalu.

Ada beberapa penentu kelulusan dan kenaikan kelas siswa. Yaitu ditentukan dalam ujian sekolah, perilaku, serta hasil raport tiap semester.

Kemudian juga ada nilai sikap dan pendidikan karakter siswa yang harus baik. Bahkan jika cukup saja bisa tidak lulus atau tidak naik kelas. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only