181JBG yang Hambat Aliran Sungai Bakal Dibongkar Pemkot Banjarmasin | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 04 Februari 2021

181JBG yang Hambat Aliran Sungai Bakal Dibongkar Pemkot Banjarmasin

BERITABANJARMASIN.COM - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin mengemukakan data 181 jembatan bangunan gedung (JBG) disinyalir menghambat aliran sungai.

Pelaksana tugas (Plt) Kadis PUPR Kota Banjarmasin, Windiasty Kartika menerangkan ada sekitar 30 jembatan yang bakal dibongkar di kawasan Jalan Veteran. “Jembatan itu sebagian besar rendah dan mempersempit aliran,” katanya, Kamis (4/2/2021).

Untuk itu lanjutnya, Tim Satuan Tugas (Satgas) Normalisasi Sungai kembali meninjau jembatan bangunan yang menjadi prioritas dibongkar dahulu.

Sebelumnya Tim Satgas Normalisasi Sungai dibentuk oleh Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina untuk mengantisipasi musibah banjir dan air pasang.

Selain itu, keputusan pembongkaran sudah memiliki payung hukum berupa Surat Edaran (SE) nomor 1 tahun 2021, tentang Pembongkaran Bangunan Di Atas Sungai Untuk Mengatasi Genangan Akibat Banjir Di Kawasan Perkotaan dan Permukiman. “Kami upayakan air bisa lewat dan mengalir," imbuhnya.

Namun karena keterbatasan anggaran,  pembongkaran bangunan bisa menghabiskan waktu dua hingga tiga tahun. “Satu bangunan gedung saja butuh satu hari lebih. Apalagi beton itu sulit,” ujarnya lagi.

Ia menambahkan setelah dilakukan pembongkaran, rencananya akan dilakukan penataan kembali saluran sungai di lokasi yang sudah didata Satgas Normalisasi Sungai dengan Dinas PUPR. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only