Terus Didata, Ada 60 Sungai Aktif di Banjarmasin Bisa Dilewati Perahu Mesin | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Minggu, 31 Januari 2021

Terus Didata, Ada 60 Sungai Aktif di Banjarmasin Bisa Dilewati Perahu Mesin

BERITABANJARMASIN.COM - Ada sebanyak 60 sungai yang aktif dari 209 sungai yang mengalir dan ternamai di Kota Banjarmasin.

Kepala Bidang Sungai Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Hizbul Wathony memaparkan yang dimaksud 60 sungai aktif adalah sungai yang bisa dilewati kapal mesin atau kelotok.

"Namun karena kedangkalan dan lebar sungai membuat kapal besar tidak bisa lewat," terangnya, Sabtu (30/1/2021).

Alhasil hanya kapal berukuran kecil saja yang diperbolehkan melintasi aliran sungai aktif.

Adapun 209 sungai tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) Wali Kota Banjarmasin tahun 2020 lalu. Sungai yang paling banyak berada di Kecamatan Banjarmasin Selatan.

SK tersebut baru diperbarui sejak 2011 silam, yang sebelumnya jumlah sungai hanya mencapai 102.

Seharusnya ujarnya lagi pendataan sungai dilakukan setiap dua tahun sekali, agar pihaknya bisa mengira dimana posisi sungai yang jauh dari tengah kota. “Kedepannya bisa dilakukan pendataan dua tahun sekali," imbuhnya.

Ia menambahkan berbagai upaya telah dilakukan pemkot untuk normalisasi sungai, agar jumlah sungai bisa bertambah khususnya sungai yang aktif.

Mengingat penambahan sungai kerap kali berasal dari aliran kecil yang dikeruk dan ditertibkan. “Semoga ada lagi sungai yang dibuka dan bisa kita hidupkan kembali,” ucapnya. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only