DLH Banjarmasin Kerahkan 30 Truk dan Alat Berat Angkut Sampah Pasca Banjir | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Minggu, 31 Januari 2021

DLH Banjarmasin Kerahkan 30 Truk dan Alat Berat Angkut Sampah Pasca Banjir

BERITABANJARMASIN.COM - Tak hanya penanganan banjir, Pemkot Banjarmasin melalui Dinas Lingkungan Hidup harus kerja ekstra menanggulangi membeludaknya sampah pasca banjir.

Menurut Kepala Bidang Kebersihan dan Sampah DLH Kota Banjarmasin, Marzuki bahwa sampah pasca banjir mencapai 75 ton per hari.

Jumlah tersebut dikalikan selama 12 hari bencana banjir terjadi, sehingga ada sebanyak 900 ton lebih jumlah sampah yang harus diangkut ke TPA Basirih.

"Ini hari kelima kami membersihkan sampah rumah tangga yang mebeludak di TPS," bebernya, Minggu (31/1/2021).

Pria yang akrab disapa bang Jack itu pun menyebutkan ada sebanyak 30 truk sampah per hari yang mengangkut sampah sejak 22 Januari 2021 kemarin.

Tak hanya adanya penambahan armada pengangkutan, pihaknya juga menambah petugas pengangkut sampah hingga 50 orang. "Bahkan kami harus menggunakan alat berat untuk menaikkan sampah ke truk," katanya.

Sementara itu, ada beberapa TPS yang terjadi kenaikan jumlah sampah terbanyak, yakni Jalan Pramuka, Jalan Veteran, Lingkar Dalam, Pangeran Hidayayullah dan Sungai Andai.

Terlebih sampah pasca banjir juga terjadi di tanah kosong bahkan di pinggir jalan yang seharusnya tidak dijadikan tempat pembuangan sampah.

Untuk itu, ia mengimbau terhadap warga yang memiliki lahan kosong untuk menjaga kebersihan lahannya dari tumpukan sampah.

"Sesuai Perda Nomor 21/2011 terkait penjagaan kebersihan lingkungan sekitarnya," pungkas dia. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only