Rindu Kuliah Tatap Muka, Begini Curhat Mahasiswa di Banua | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Jumat, 01 Januari 2021

Rindu Kuliah Tatap Muka, Begini Curhat Mahasiswa di Banua

BERITABANJARMASIN.COM - Di tahun 2020 sudah 10 bulan lamanya para mahasiswa perguruan tinggi melakukan pembelajaran secara daring akibat adanya pandemi Covid-19. Kini awal 2021 banyak harapan mahasiswa Banua untuk kembali melaksanakan kuliah tatap muka.

"Rindu banget, rindu dengan belajar tatap muka, rindu ketika presentasi di depan terus debat tentang pendapat yang berbeda dengan teman-teman kelas," ungkap Tulus mahasiswa jurusan hukum ekonomi syariah semester 5 Uniska Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin, Jumat (1/12/2020).

Meskipun menurutnya kuliah secara online tidak membuatnya kesulitan untuk memahami setiap materi pembelajaran, namun, ia merasa kurang puas ketika dosen menjelaskan apa yang tidak dipahami. "Kurang greget aja gitu karena tak saling tatap muka," ujarnya.

Rindu akan pembelajaran tatap muka juga dirasakan Mahrita mahasiswi Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin jurusan aqidah dan filsafat Islam semester tiga, mengatakan menurutnya pembelajaran tatap muka jauh lebih efektif.

"Lebih mudah memahami karena berinteraksi dan dijelaskan oleh dosen, dan kami pun sebagai mahasiswa dapat bertanya dengan antusias," tuturnya.

Kuliah tatap muka juga menurutnya dapat mempererat komunikasi antar individu, dimana hal ini tidak dapat dirasakan saat pembelajaran secara daring.

"Selama perkuliahan online ini, khususnya saya sendiri, saya merasa pembelajaran seperti lebih sulit dipahami, dan juga karena terkendala kuota internet yang terbatas," ungkapnya.

Ia berharap di 2021 perkuliahan tatap muka segera kembali meskipun harus dengan menerapkan protokol yang ketat. "Kami mahasiswa cuma perlu pengertian agar kiranya memberikan solusi yang terbaik agar bisa kembali kuliah tatap muka," harapnya.

Sementara itu, Seli yang merupakan mahasiswi baru semester satu jurusan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia di Universitas Lambung Mangkurat belum sempat merasakan perkuliahan tatap muka.

Ia merupakan mahasiswa baru yang masuk pada saat pembelajaran daring sudah berjalan. "Pengen banget ngerasain kuliah langsung ketemu teman-teman baru kan seru," ucap Seli.

Meski begitu ia tetap memahami apa yang sudah menjadi kebijakan pemerintah demi kebaikan bersama. (fitri/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only