Pasca Banjir, Begini Rencana Pemulihan dari Pemprov Kalsel | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 27 Januari 2021

Pasca Banjir, Begini Rencana Pemulihan dari Pemprov Kalsel

BERITABANJARMASIN.COM - Beberapa rencana pemulihan pasca banjir mulai disusun Pemprov Kalsel. Termasuk relokasi penduduk di kawasan rawan banjir ekstrem.

"Kemungkinan akan memasuki tahap pembersihan lumpur pembukaan jalan serta perbaikan fasilitas publik seperti sekolah, tempat ibadah, kantor, puskesmas, dan jembatan, itu kita perbaiki," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kalsel, Nurul Fajar Desira, Rabu (27/1/2021).

Hal ini dilakukan sesuai kewenangan kabupaten/kota menggunakan dana Belanja Tak Terduga (BTT), begitu juga untuk kewenangan Pemprov Kalsel akan menggunakan dana BTT Provinsi.

"Hal ini juga termasuk untuk perbaikan rumah-rumah warga yang rusak akibat banjir yakni menggunakan dana BNPB. Kita buat perencanaannya berapa rumah," ujar dia.

Sementata itu, berdasarkan informasi untuk Kabupaten Hulu Sungai Tengah, penduduk Desa Hantakan, sudah siap direlokasi. Mengingat masyarakat di sana tinggal di daerah yang sangat berisiko ketika terjadi banjir.

"Paling terdampak luar biasa, menyadari itu mereka siap direlokasi. Nah ini kita inventarisir dan bersama-sama mencari lahan yang tepat untuk relokasi," terang dia.

Untuk relokasi terhadap penduduk Desa Hantakan, kata ia, sudah melalui petunjuk pelaksanan dan diperlukan waktu untuk survei lahan. (fitri/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only