Meski Banjir, Vaksinasi Tetap Berjalan di Tiga Daerah di Kalsel | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Rabu, 20 Januari 2021

Meski Banjir, Vaksinasi Tetap Berjalan di Tiga Daerah di Kalsel

BERITABANJARMASIN.COM - Proses vaksinasi di tiga kabupaten/ kota yakni Banjarmasin, Banjarbaru, dan Kabupaten Banjar, sebagian tetap berjalan ditengah musibah banjir.

"Di Kabupaten Banjar ada beberapa puskesmas yang terdampak banjir otomatis itu belum bisa melaksanakan dengan optimal. Tapi yang lain melaksanakan," ungkap Juru bicara Satgas Covid-19 Kalsel, HM Muslim, Rabu (20/1/2021).

Penyimpanan vaksin Covid-19 juga di suhu 8 derajat celcius sehingga tidak terganggu, serta penggunaannya disesuaikan dengan kebutuhan.

Sementara itu, kata Muslim untuk jadwal vaksinasi sudah tercatat pada sistem yang tersedia, dan untuk yang tertunda karena faktor tertentu akan otomatis tergeser di sistem tersebut untuk dijadwalkan ulang.

"Jadi kita akan sampaikan juga ke beberapa fasilitas kesehatan yang terdampak. Tapi yang lain bisa bergerak," katanya.

Sementara itu, posko pelayanan kesehatan bagi pengungsi sudah di koordinasikan dengan pelayanan yang ada di kabupaten/kota, dan dipastikan pelayanan kesehatan berjalan begitu juga dengan suplai obat-obatan.

"Sampai sejauh ini masih cukup dan satu dua hari ini akan ada tambahan lagi, terutama untuk obat gatal kutu air kemudian diare salep itu yang cukup banyak," bebernya.

Menurutnya sejauh ini masyarakat masih bisa ditangani di posko kesehatan, namun apabila kondisi semakin parah pihaknya akan merujuk ke Rumah Sakit.

"Kalo kita pantau tidak terlalu parah sepanjang masih bisa ditangani di posko kita tangani tapi kalo sudah perlu kita lakukan rujukan segera kita lakukan rujukan," pungkasnya.

Ditambahkannya, untuk RS rujukan Covid-19 seperti di Hulu Sungai kemudian di Banjarbaru RS Idaman, Tanah Laut, dan Banjarmasin, tidak terganggu karena tidak terdampak secara langsung dengan banjir. (fitri/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only