Mahasiswa S3 Teliti Keberhasilan Program Water Front City Kota Banjarmasin | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Rabu, 23 Desember 2020

Mahasiswa S3 Teliti Keberhasilan Program Water Front City Kota Banjarmasin

BERITABANJARMASIN.COM – Keberhasilan Pemko Banjarmasin mengelola sungai dan menjadikan Kota Banjarmasin sebagai Kota Sehat, akhirnya menarik perhatian mahasiswa program doctoral untuk melakukan penelitian.

Herawati, mahasiswi program doctoral (S3) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Erlangga, Surabaya, secara khusus menemui Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina, di ruang kerjanya, Rabu (23/12/2020).

Ia menjadikan orang nomor satu di kota berjuluk seribu sungai sebagai salah satu narasumber utama, dalam penelitiannya yang berjudul Pengembangan Komprehensif Multisectoral Sistem, Pengelolaan Sampah Sungai Dalam Konteks Banjarmasin Sebagai Kota Sehat.

Kepada wanita yang berprofesi sebagai dokter umum ini, H Ibnu Sina dengan menjelaskan, terkait kota sehat, kota yang kini berumur 494 tahun ini telah beberapa kali menerima penghargaaan terkait dari pemerintah pusat, diantaranya penghargaaan Swasti Saba Padapa , Swasti Saba Wiwerda dan Swasti Saba Wistara.

Capaian ini, jelasnya, hasil kolaborasi multi stakeholder, jadi bukan hanya Dinkes, tetapi juga dinas lain seperti LH, Baretlitbangda, dan masyarakat juga ikut berperan di dalamnya. “Multisektoral ini diharapkan bisa saling berkolaborasi mewujudkan tataran tadi. Dari tahun ke tahun kita sudah memulainya. Memang masih ada kekurangan, tapi dari keseluruhan kita memiliki kesamaan persepsi tentang kota bersih, ikon adipura, sanitasi, smart sanitation aword  dan partisipasi warga,” katanya.

Terkait pengelolaan sungai, ia kembali menjelaskan, salah satu program Pemko Banjarmasin yang berkaitan dengan pengelolaan sampah sungai adalah menjadikan berada depan rumah penduduk, yang awalnya menghadap jalan, menjadi menghadap ke sungai (watter front city).

Konsep ini sudah diterapkan di kawasan kampung hijau dan kampung biru yang terletak di Keluarahan Sungai Bilu, Kecamatan Banjarmasin Timur. “Jadi konsep kampung hijau kampung biru ini menjadikan sungai sebagai beranda depan halaman rumah sehingga tidak lagi membuang sampah kehalaman depan.

Diharapkan, katanya lagi, ke depannya di Bumi Kayuh Baimbai akan semakin banyak tempat-tempat sungai yang akan menjadi seperti kampung hijau dan kampung biru.(dokpim-bjm)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only