BPBD Banjarmasin: Desember Puncak Fenomena La Nina, Apa Sih Itu? | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Senin, 23 November 2020

BPBD Banjarmasin: Desember Puncak Fenomena La Nina, Apa Sih Itu?

BERITABANJARMASIN.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin memprediksi fenomena La Nina akan mengalami puncak pada Desember 2020.

Kepala BPBD Banjarmasin, Muhammad Hilmi menerangkan angin puting beliung berpotensi terjadi. Untuk itu ia meminta warga waspada. “Puncaknya kemungkinan Desember 2020,” kata dia, Senin (23/11/2020).

Ia mengatakan kondisi cuaca ini juga terjadi di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Selatan..Akibatnya beberapa pohon besar tumbang lantaran diterpa angin kencang beserta hujan.

Pihaknya juga telah berkoordinasi bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Beberapa daerah di Banjarmasin memiliki pohon besar seperti kawasan Jalan Lambung Mangkurat, Telaga Biru dan beberapa daerah lainnya. Kawasan ini rentan terdampak fenomena ini. 

Apa itu La Nina?

La Nina secara umum dapat dikatakan sebagai fenomena iklim yang berlawanan dengan El Nino atau fenomena iklim pemanasan atau kemarau panjang.

Dikutip dari Kompas, jika peristiwa El Niño dikaitkan dengan pemanasan di Pasifik tropis bagian tengah dan timur. Sedangkan, kejadian La Niña adalah kebalikannya.

Dengan demikian, yang terjadi pada fenomena La Nina adalah pendinginan yang tidak biasa di mana anomali suhunya melebihi minus 0,5 derajat celcius di area yang sama dengan El Nino.

La Nina merupakan anomali sistem global yang cukup sering terjadi dengan periode ulang berkisar antara dua sampai tujuh tahun.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BKMG), prakiraan dampak La Nina terjadi pada akhir 2020 hingga awal 2021.

Sebagian besar wilayah Indonesia saat ini sudah memasuki musim hujan sejak Oktober hingga November 2020.

Wilayah tersebut meliputi sebagian besar Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi Selatan bagian selatan, Sulawesi Tenggara bagian selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah bagian barat. (arum/sip)

Ilustrasi foto: tribunnews

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only