Buktikan Janji, Wali Kota Ibnu Sina Lampaui Target Wirausaha Baru | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Selasa, 22 September 2020

Buktikan Janji, Wali Kota Ibnu Sina Lampaui Target Wirausaha Baru

BERITABANJARMASIN.COM - Tercatat ada 2.847 peserta wirausaha baru (WUB) yang masuk dalam binaan Pemkot Banjarmasin sejak empat tahun masa kepemimpinan Ibnu Sina - Hermansyah.

Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina menerangkan program WUB tersebut merupakan program yang dilaksanakan tujuh SKPD, diantaranya Dinas Perdagangan dan perindustrian, Dinas kebudayaan dan pariwisata, dispora pemuda pelopor, Dinas sosial, DPPKBPM, DKP3, dan Dinas koperasi dan tenaga kerja. "Tujuh SKPD ini membentuk Pokja WUB selama empat tahun," katanya.

Kualitas WUB juga semakin bagus dengan pembinaan dari SKPD dan fokus pada mutu. Sehingga produk mereka layak dijual di minimarket, maupun pada pangsa pasar tertentu. "Bertepatan Harjad Banjarmasin akan diresmikan foodcourt, UMKM center sebagai tempat WUB Banjarmasin," jelasnya.

Ia menambahkan sebanyak 5.800 UKM yang didalamnya WUB dan WUL (wirausaha lama) sebagiannya mendapatkan bantuan dari presiden yang terdampak Covid-19

Tak hanya itu, untuk membantu para UMKM, Pemkot Banjarmasin juga memperkuat program Bahuma (bausaha tanpa bunga) yang sudah mulai jalan di awal September lalu.

Program BAHUMA (Bausaha Tanpa Bunga), dapat membantu WUB dari segi permodalan usaha. Pemkot Banjarmasin tidak mengambil keuntungan dari program permodalan yang ditawarkan itu.  Dari ribuan WUB yang telah terbentuk tersebut, Pemkot menetapkan 150 WUB unggulan yang bakal dibantu melalui Program BAHUMA.

Bahkan, untuk lebih memudahkan penyaluran dananya, Pemkot Banjarmasin bekerjasama  dengan Bank Kalsel dalam hal pengelolaan dana program tersebut, yang meminta Bank Kalsel untuk menempatkan dana pengelolaan, sehingga nanti yang sudah punya usaha bisa berproduksi dengan baik. 

Program pembinaan WUB berbasis UMKM ini, telah dilakukan Pemkot sejak tahun 2016 lalu, dimana diawal tahun tersebut mulanya hanya terkumpul sekitar 239 WUB. 

Setelah dilakukan pembenahan, di tahun 2017 jumlah target WUB binaan ditambah menjadi 792 per tahun. Mengingat masih memungkinkan untuk dilakukan penambahan target, maka di tahun 2018 Pemkot kembali memperbesar target WUB yang bisa dibina menjadi 805 WUB. 

Setelah dua kali berhasil mencapai target yang diinginkan, penambahan target binaan yang harus dilakukan 7 SKPD kembali diperbesar menjadi 710 WUB di tahun 2019. Mengingat sudah mendekati target final yakni 2.500 WUB, maka di tahun 2020 ini Pemko Banjarmasin hanya menargetkan sebanyak 710 WUB. (arum/adv/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only