Waw, Pemkot Banjarmasin Diapresiasi Pemerintah Pusat, PAD Stabil di Masa Pandemi | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Selasa, 18 Agustus 2020

Waw, Pemkot Banjarmasin Diapresiasi Pemerintah Pusat, PAD Stabil di Masa Pandemi


BERITABANJARMASIN.COM - Meski masih berada di suasana pandemi Covid-19, penghasilan asli daerah (PAD) Kota Banjarmasin mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat.

Hal itu disampaikan Kepala Bakeuda Kota Banjarmasin, Subhan Nor Yaumil bahwa saat ini PAD Banjarmasin mencapai 69,54 persen. "Awalnya realisasi PAD 360 miliar kini hanya 254 miliar lebih," paparnya, Senin (17/8/2020).

Subhan mengatakan bahwa Pemkot Banjarmasin berhasil menjaga kestabilan PAD yang menjadi salah satu kabupaten/kota dengan presentasi pendapatan sebesar 48,21 persen.

Untuk itu, pemkot terus berupaya untuk menjaga agar tidak terjadinya terjun bebas PAD meski wabah virus corona masih berlangsung. "Turun sih turun PAD kita, tapi kita berupaya agar tidak terlalu melandai," katanya.

Misalnya saja terjadi penurunan PAD di salah satu sektor, seperti pada perhotelan maupun hiburan makan sektor lain seperti reklame yang diintensifikasi untuk menaikkan PAD.

Kemudian juga pada pajak penerangan jalan, memiliki potensi sumber PAD yang mampu menutupi kekurangan realokasi PAD pada sektor lain. "Dengan ini diharapkan PAD Banjarmasin bisa tetap stabil," imbuhnya.

Untuk diketahui pada level kabupaten/kota, rata-rata persentase pendapatannya sebesar 48,21%. Persentase pendapatan di Kota Banjarmasin sebesar 69,54%, sedangkan yang terendah adalah Kabupaten Manokwari hanya 9,02%. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner