Wali Kota Banjarmasin Turun Langsung Pantau Perbaikan Rumah Warga yang Sudah Tak Layak | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Jumat, 14 Agustus 2020

Wali Kota Banjarmasin Turun Langsung Pantau Perbaikan Rumah Warga yang Sudah Tak Layak

BERITABANJARMASIN.COM - Memasuki tahap pertama, program bantuan sosial Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RS RUTILAHU) yang dilaksanakan Dinas Sosial Kota Banjarmasin mulai direalisasikan.

Pada tahap pertama ini, setidaknya seratus Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tersebar di lima kecamatan se-Kota Banjarmasin mendapatkan bantuan sosial RS RUTILAHU atau bedah rumah.

Berlokasi di Jalan HKSN, Komplek Dasa Maya II, tepatnya di Samping Langgar Al Muhajirin RT 16 RW 02, Kelurahan Alalak Selatan, Kecamatan Banjarmasin Utara, penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan oleh Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina, didampingi Kepala Dinas Sosial Kota Banjarmasin Iwan Ristianto, Camat Banjarmasin Utara dan Lurah Alalak Selatan.
Terlihat Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina melakukan pembongkoran pertama terhadap salah satu rumah yang akan direhabilitas.

Proses pengerjaan bedah rumah yang menghabiskan sekira dua puluh hari, pemimpin di bumi kayuh baimbai itu memastikan, para KPM akan menerima jaminan atau jatah hidup selagi menunggu proses pengerjaan bedah rumah selesai. 

“Hari ini kita memulai pembongkaran beberapa unit rumah dalam program bedah rumah atau bantuan sosial rumah tidak layak huni, kemudian ini dilaksanakan secara padat karya, karena rumah ini targetnya dua puluh hari selesai, jadi sementara ada jaminan hidup,” katanya, Kamis (13/8/2020).

Kemudian, ia berharap dengan bantuan yang membutuhkan anggaran Rp1.620.000.000 itu bisa membantu warga Kota Banjarmasin agar bisa menempati rumah yang layak huni. 

“Tahun ini kita memprogram 100 unit rumah dengan anggaran hampir Rp1,6 miliar, mudah-mudahan semakin banyak warga yang terbantu rumahnya menjadi layak huni,” harapnya.

Selain RS RUTILAHU, bantuan berupa santunan kematian juga diberikan Pemko Banjarmasin kepada warga kurang mampu di Kota Banjarmasin yang teregistrasi dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Menanggapi hal itu, salah satu Warga Alalak Utara Kadariah sangat antusias dan bersyukur keluarganya bisa mendapatkan bantuan rehabilitas rumah tersebut.

Mengingat selama ini, keluarganya bermukim ditempat yang tak layak huni dengan pondasi rumah mulai reot.

"Alhamdulillah, saya ucapkan terima kasih banyak sama Bapak Wali kota, dan pemkot," ungkapnya dengan bahagia. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only