Wali Kota Banjarmasin Bakal Sebarkan 30 Ribu Masker Gratis di 52 Kelurahan | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Minggu, 09 Agustus 2020

Wali Kota Banjarmasin Bakal Sebarkan 30 Ribu Masker Gratis di 52 Kelurahan

BERITABANJARMASIN.COM - Lima kelompok Wira Usaha Baru (WUB) mendapat dukungan secara langsung dari Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina dalam upaya pengembangan usahanya.

Dukungan yang diberikan orang nomor satu di kota berjuluk seribu sungai ini tak tanggung-tanggung, setidaknya 30 ribu masker hasil olahan lima kelompok WUB dari Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin, kemudian dari kelompok Kampung KB Kampung Baiman, dan dari  Pokdarwis binaan Dekranasda dan difabel dikumpulkan, kemudian akan dibagikan kepada masyarakat membutuhkan yang terdapat di 52 kelurahan secara gratis.

Menurut H Ibnu Sina, pembagian masker gratis itu dimaksudkan untuk mensosialisasikan adaptasi kebiasaan baru, dan untuk membiasakan masyarakat berdisiplin dalam menjalankan aturan protokol kesehatan. “Ini dalam rangka kita mensosialisasikan adaptasi kebiasaan baru soal adaptasi kebiasaan baru dan juga disiplin dalam protokol kesehatan terutama dalam menggunakan masker," ujarnya.

Dijelaskannya, wabah Covid-19 yang hingga hari ini (9/8/2020) masih melanda, tidak hanya berdampak pada kesehatan masyarakat, tetapi juga berdampak pada kegiatan sosial serta ekonomi masyatakat.

Untuk dampak kesehatan, lanjutnya, saat ini sudah ditangani oleh Tim Gugus Percepatan Penanggulanan Wabah Covid-19. Untuk dampak sosialnya ditangani dengan menggunakan program jaring pengaman sosial, dimana sudah dibagikan sekitar 52 ribu paket sembako kepada masyarakat.

Sedangkan dampak ekonominya, katanya lagi, saat ini sedang diupayakan pemerintah dan stakeholder tekait dengan cara pemberdayaan masyarakat melalui program yang ada dalam APBN, dan program bantuan Presiden untuk Industri Kecil Menegah (IKM) dan Usaha Kecil Menegah (UKM).

Tak hanya itu, bebernya, dari Pemko Banjarmasin juga tersedia program penanggulangan dampak ekonomi akibat wabah virus mematikan itu yang diambil dari Dana Insentif Daerah (DID) dan disalurkan melalui 7 SKPD untuk memulihkan ekonomi masyarakat dengan cara pemberdayaan masyarakat. “Kemudian ada lagi dari program ASN Peduli, seperti pengadaan masker, APD, dan sebagainya,” jelasnya.

Pembentukan WUB di kota ini merupakan program dari visi dan misi Pemkot Banjarmasin. Dimana ditargetkan dalam 5 tahun akan terbentuk 2.500 WUB. (arum/adv/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only