Manfaat Baca Buku Menurut Najwa Shihab | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Sabtu, 25 Juli 2020

Manfaat Baca Buku Menurut Najwa Shihab

BERITABANJARMASIN.COM - Duta Baca Indonesia Najwa Shihab membeberkan beragam manfaat membaca. Seperti membuat tidak cepat pikun.

"Karena sel-sel itu terus menerus digunakan, misalnya salah satu dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa membaca itu jelas bisa membuat hidup lebih panjang dan itu penelitiannya ada di Yale University," ungkapnya dalam acara Talk Show Virtual yang digelar Dispersip Kalsel bekerjasama dengan Perpusnas RI dengan tema "Nikmatnya Membaca Buku", Jumat (24/7/2020).

Perbandingan ini sudah melalui penelitian oleh Yale University kepada beberapa kelompok orang yang selama 10 tahun aktif membaca dengan kelompok orang yang tidak melakukan itu, dan hasilnya rata-rata para pembaca yang memang setiap hari meluangkan beberapa menit dalam waktunya untuk membaca hidupnya dua tahun lebih panjang dibanding yang lain.

Terlebih menurutnya ditengah situasi pandemi covid-19 membaca bisa membuat batin lebih tenang dan imunitas meningkat.

"Saya yakin seperti itu, karena cara kita melawan virus dengan imun yang tinggi dan kalo membaca sudah terbukti bisa membuat kita lebih bahagia dan membaca yang rajin itu tingkat stresnya menurun dan sebetulnya saya rasa itu ada hubungannya," tuturnya.

Menurutnya cukup meluangkan waktu enam menit saja untuk membaca mampu menurutnya level stres, bisa melemaskan otot, dan menurunkan tingkat stres.

"Jadi ada banyak sekali penelitian sebetulnya yang menunjukan efek membaca membuat kualitas hidup secara fisik lebih kuat dan sehat ," ungkap Najwa Shihab. (fitri/puji)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only