Ikan Bawal Bintang Kotabaru Dipercaya Tingkatkan Imunitas, Ini Kata Dewan Kalsel | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 22 Juli 2020

Ikan Bawal Bintang Kotabaru Dipercaya Tingkatkan Imunitas, Ini Kata Dewan Kalsel

BERITABANJARMASIN.COM - Kalsel untuk pertama kalinya berhasil panen dan mengembangkan budidaya Ikan Bawal Bintang yang dipercaya dapat meningkat imun tubuh selama pandemi Covid-19. Hal ini pun mendapat apresiasi dari DPRD Kalsel.

Anggota Komisi II DPRD Provinsi Kalsel, M Yani Helmi mengatakan kegiatan yang digelar di tambak ikan oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Benih Ikan Pantai (BBIP) Kotabaru milik Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Provinsi Kalsel, menjadi prestasi yang membanggakan bagi pihaknya sebagai pengawas kebijakan Pemerintah Provinsi Kalsel.

"Saya sangat mengapresiasi dengan kegiatan ini, dimana putra daerah berhasil mengembangkan ikan Bawal Bintang yang pertama di Kalsel bahkan di Indonesia," ujar  paman Yani sapaan akrabnya usai ikut memanen dan menabur bibit ikan Bawal Bintang di Keramba budi daya ikan UPTD BBIP Kotabaru.

Menurutnya, meskipun asing di telinga masyarakat akan tetapi ikan jenis baru yang berhasil dikembangkan seperti Bawal Bintang ini diyakini mampu meningkatkan imunitas tubuh ditengah pandemi Covid-19 yang masih melanda hingga kini (22/7/2020).

Dilihat dari perkembangannya, ikan ini sangat sehat jika dikonsumsi untuk meningkatkan sistem imun tubuh apalagi bagi masyarakat yang sudah terlebih dahulu gemar makan ikan. "Patut dicoba masyarakat untuk meningkatkan kesehatan," ucapnya.

Meskipun tergolong jenis baru, Bawal Bintang diharapkan nantinya dapat dibudidayakan di sejumlah daerah di Kalsel yang berpotensi besar dalam sektor perikanan seperti di kabupaten Banjar, Batola, Kotabaru maupun Tanah Laut.

Disamping itu, Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Provinsi Kalsel, Muhammad Fadhli mengatakan keberhasilan budidaya ini menjadi contoh serta bukti prestasi sebagai mitra bantu dari dinas dilingkupnya tersebut.

Ia mengaku sangat senang dan menjujung tinggi keberhasilan ini sebagai UPTD milik Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalsel. Karena telah banyak membantu mengembangkan populasi ikan baru ditambak yang telah disediakan. 

Seperti sebelumnya komiditi ikan Kakap Putih yang telah berhasil dibudidayakan pengembangannya. Sebagai UPTD penghasil perdana ikan Bawal Bintang ini menurutnya sebagai pencapaian luar biasa.

"Kami sangat bangga dengan pencapaian yang telah dilakukan BBIP Kotabaru dalam mengembangkan budidaya ikan Bawal Bintang yang memberikan nilai lebih kepada Pemprov Kalsel," ujarnya. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner