Pakar Epidemologi ULM Ingatkan Pentingnya Pemahaman Tracing dalam Penanganan Covid-19 | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Kamis, 07 Mei 2020

Pakar Epidemologi ULM Ingatkan Pentingnya Pemahaman Tracing dalam Penanganan Covid-19

BERITABANJARMASIN.COM - Pakar Epidemologi Fakultas Kedokteran, ULM, Prof Husaini mengatakan pentingnya pengoptimalan dalam melakukan tracing guna mencegah meluasnya penyebaran virus corona (Covid-19) di Kalimantan Selatan.

Menurutnya untuk mengoptimalkan tracing diperlukan berapa hal yang perlu di pahami, yakni pemahaman tentang tracing. Sejauh mana kompetensi yang melakukan tracing, alat dan metode apa yang digunakan dalam tracing, pada level berapa tracing dilakukan pada orang suspect dan positif.

Kapan dilakukan waktu antara tracing dengan kasus positif dan suspect, setelah ditemukan orang yang suspect dalam tracing, dilakukan apa dan bagaimana perlakuannya.

Oleh karena itu, dalam menangani Covid-19 di daerah harus melibatkan orang yang memiliki keahlian dan kemampuan di bidang Epidemiologi dan ahli kesehatan masyarakat.

"Ini jadi kunci utama untuk selanjut nya, artinya jika tracing tidak optimal atau di kerjakan oleh yang tidak kompeten, tentu banyak kasus suspect kemungkinan tidak terdeteksi. Nah bagaimana mau memutus mata rantai penularan Covid-19," ungkapnya. (Fitri/Puji)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only