H Ibnu Sina: 15.879 Warga Miskin Banjarmasin Bakal Terima Bantuan | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Senin, 11 Mei 2020

H Ibnu Sina: 15.879 Warga Miskin Banjarmasin Bakal Terima Bantuan

BERITABANJARMASIN.COM - Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina serahkan bantuan sosial tunai (BST) secara simbolis, terhadap 7.000 keluarga penerima manfaat (KPM), di kantor pos Senin (11/5/2020).

Kegiatan yang juga dihadiri perwakilan Kementrian Sosial, Ketua DPRD Kota Banjarmasin Hary Wijaya, Ketua Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin, Matnor Ali dan Forkopimda diterima antusias masyarakat.

Dijelaskan Ibnu, meski baru disalurkan untuk sebanyak 7.000 kepala keluarga, namun total ada sebanyak 15.879 kepala keluarga yang terdaftar dan akan menerima BST tersebut secara bertahap. 

Total, masing-masing kepala keluarga tersebut akan menerima BST sebesar Rp 1,8 juta untuk tiga bulan, dibagi dalam tiga tahap penyaluran masing-masing Rp 600 ribu. 

"Terima kasih Kemensos yang sudah merealisasikan BST sebesar Rp 600 ribu per KK. Atas nama warga Kota Banjarmasin kami berterimakasih karena ada 15 ribu lebih warga kota Banjarmasin yang menerima bantuan ini," urainya

Bantuan ini, lanjutnya sudah sangat ditunggu warga Banjarmasin, karena situasi Covid-19 ini semua aspek terdampak luar biasa. Sehingga uang tunai ini bisa memenuhi kebutuhan hidup mereka.

Ia berharap kepada para warga miskin penerima BST untuk bisa dengan bijak memanfaatkan bantuan tersebut dan memprioritaskan untuk mencukupi kebutuhan pokok sehari-hari. 

Hal senada juga disampaikan langsung Kepala Dinas Sosial Kota Banjarmasin, Iwan Ristianto, 15.879 kepala keluarga yang menerima BST tersebut merupakan warga miskin Kota Banjarmasin yang sudah terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 

Dimana dalam DTKS tersebut ada sebanyak 41 ribu warga miskin yang terdata yang masing-masing menerima berbagai program bantuan dari Pemerintah Pusat baik program keluarga harapan (PKH), bantuan pangan non tunai (BPNT) maupun BST. Namun masing-masing kepala keluarga hanya menerima satu macam bentuk bantuan. 

"Tugas kami mensinkronkan data DTKS dengan yang disalurkan Kantor Pos, apakah ada yang pindah, sudah degradasi, atau sudah menerima PKH, BPNT. Itu yang disinkronkan supaya tidak dobel," jelasnya.

Selain di Kantor Pos Jalan Lambung Mangkurat, proses penyaluran BST tersebut juga akan dilakukan di 14 jaringan cabang Kantor Pos yang tersebar di Banjarmasin. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only