Efek PSBB, Jumlah Sampah di Banjarmasin Berkurang | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Jumat, 01 Mei 2020

Efek PSBB, Jumlah Sampah di Banjarmasin Berkurang

BERITABANJARMASIN.COM - Salah satu efek penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sejak 24 April lalu, tumpukan sampah di Banjarmasin berkurang hingga hari ini (1/5/2020).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin, Mukhyar memaparkan hal tersebut terjadi karena adanya pembatasan kegiatan masyarakat yang bertepatan bulan suci Ramadhan.

Padahal biasanya ujar Mukhyar, saat bulan puasa tumpukan sampah meningkat hingga 10 persen dari hari biasa. “Dari total sampah dalam sehari 400-500 ton terjadi pengurangan,” ujarnya.

Terlebih, lanjutnya di Ramadhan tahun ini tidak ada pasar wadai, dan kebanyakan rumah makan maupun restoran buka di jam tertentu dengan hanya melayani pembeli untuk dibawa pulang.

Belum lagi tempat keramaian seperti Siring Pierre Tendean ditutup. Alhasil timbunan sampah mengalami pengurangan dari biasanya.

Sedangkan limbah rumah tangga mendominasi karena imbauan pemerintah agar warga lebih banyak beraktivitas dan bekerja di rumah selama PSBB. “Ya limbah rumah tangga tambah meningkat,” imbuhnya.

Selain itu selama PSBB, 1.000 lebih petugas kebersihan dari DLH bekerja seperti biasa mengangkut limbah dari TPS ke TPA Basirih.

Petugas kebersihan atau pasukan kuning ini dibekali ID Card khusus untuk tidak mengganggu jam malam yang diterapkan Peraturan Wali (Perwali) Kota Banjarmasin Nomor 33 Tahun 2020. “Pasukan kuning ini juga kami beri tambahan vitamin, masker dan sarung tangan supaya juga mencegah penyebaran virus Corona,” pungkasnya. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only