Dapat Rapor Merah, Begini Penjelasan Kadinkes Banjarmasin | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Senin, 09 Desember 2019

Dapat Rapor Merah, Begini Penjelasan Kadinkes Banjarmasin


BERITABANJARMASIN.COM - Masuk pada zona merah serapan anggaran APBD 2019, Kepala Dinas Kesehatan kota Banjarmasin Machli Riyadi angkat bicara.

Machli menjelaskan bahwa ada beberapa proyek pembangunan yang saat ini masih belum diselesaikan pembayarannya, seperti pembangunan Puskesmas Limau, dengan anggaran Rp3,1 miliar dan pembangunan rumah dinas senilai Rp2 miliar.

Dua pembangunan tersebut rencananya akan diselesaikan pada Desember ini. "Ada dua proyek pembangunan yang realisasi fisiknya selesai namun pelunasan pembayarannya di Desember ini," ujarnya.

Machli mengakui bahwa serapan anggaran milik Dinas kesehatan saat ini, hanya 47 persen. Namun ujarnya lagi, hal itu bukan berarti pihaknya tidak menjalankan tugasnya dengan baik, karena ada beberapa hal non teknis yang membuat serapan anggaran tidak maksimal.

Kendati demikian, mantan Direktur Utama RS Sambang Lihum itu, kembali menerangkan disamping memiliki rapor merah, Dinas Kesehatan juga berhasil mempersembahkan berbagai prestasi dari inovasi yang saat ini dimiliki.

Salah satunya berhasil mendapatkan penghargaan dari program Babepas (Banjarmasin bebas pasung), yang hanya ada satu satunya di Indonesia. "Dan juga kita bisa menekan angka stunting di Banjarmasin, yang sebelumnya 22 persen yang saat ini berada di angka 20 persen," terangnya.

Meski penurunan angka stunting masih belum sampai target provinsi, di angka 19 persen, tapi itu perubahan yang signifikan. Dengan demikian bahwa perubahan tersebut, membuktikan kesadaran masyarakat akan kesehatan hususnya pada gizi anak, sudah mulai tumbuh pesat di kalangan masyarakat. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only