Berusaha Mandiri, Emak-emak Alalak Utara Buka Sentra Keripik Limau Purut | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 15 November 2019

Berusaha Mandiri, Emak-emak Alalak Utara Buka Sentra Keripik Limau Purut

BERITABANJARMASIN.COM - Sentra kuliner keripik limau parut yang diberi nama Lajung Luma resmi dibuka di Kelurahan Alalak Utara. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat disana dan bertahap menjadi pelaku UMKM.

Forkomwil Puspa (Forum Komunikasi Wilayah Partisipasi Mayarakat) Provinsi Kalsel, bekerjasama dengan IWAPI (Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia) Provinsi Kaslsel,  dan LK3 (Lembaga Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan) Banjarmasin, membuka sekaligus meresmikan sentra kripik limau purut di Kelurahan Alalak Utara, Kota Banjarmasin. Sentra tersebut diberi nama Lanjung Luma, Kamis (14/11/2019).

Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Alalak Utara, Erni Wahidah menuturkan Sentra limau purut yang diberi nama Lanjung Uma, merupakan wadah bersama untuk memfasilitasi masyarakat dalam menampung produk kulinernya, terutama kripik limau purut yang diharapkan menjadi unggulan produk bagi Kelurahan Alalak Utara.

Sebelumnya telah dilakukan beberapa kali pelatihan dan pendampingan terhadap Ibu-ibu potensial di wilayah Alalak Utara. Setelah melihat potensinya, disepakati dibuat sentra kuliner, khususnya kripik limau purut. Sekarang ini sudah ada sekitar 25 perempuan potensial yang siap berproduksi. 

Ketua Panitia pelaksana kegiatan Forkomwil Kalsel, Rakhmalina Bakhriati mengatakan kegiatan ini menjadi solusi mengangkat persoalan ekonomi di masyarakat. Dengan berproduksi,  mereka menyiapkan diri menjadi pengusaha kecil dan mikro. "Selanjutnya secara bertahap akan terus dilakukan pendampingan, agar konsisten berproduksi, sehingga Benar-benar menjadi pelaku UMKM," terang dia.

Disamping itu, wakil Ketua IWAPI Provinsi Kalsel mengharapkan dengan adanya sentra ini, masyarakat lebih bersemangat berproduksi, karena setelah menjadi sentra, kripik limau purut yang menjadi andalan,  harus selalu tersedia. "Kami dari IWAPI, akan membantu kegiatan pemasaran," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Forkomwil Puspa, Evi Nurmina menyambut baik diresmikannya Lanjung Uma, sebagai sentra kuliner. "Semoga menginspirasi kelurahan lainnya untuk juga membentuk sentra  jenis kuliner lainnya. Pembentukan sentra kuliner, sangat membantu upaya meningkatkan pendapat masyarakat," tutupnya. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner