Begini Rangkaian Expo Religi di Banjarmasin Hari Ini | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 25 Oktober 2019

Begini Rangkaian Expo Religi di Banjarmasin Hari Ini


BERITABANJARMASIN.COM - Lembaga Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan (LK3) Banjarmasin menggelar Expo Religi ke-5, Kegiatan ini akan berlangsung 25 - 27 Oktober 2019 di Siring Kilometer Nol Banjarmasin. Expo Religi ini akan dibuka Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina.

Kegiatan ini sebagai bentuk ekplorasi ragam budaya dan agama  yang ada di Kota Banjarmasin. Di Banjarmasin sendiri sudah sejak zaman dulu toleransi terbangun, terbukti berbagai budaya, agama, bahasa dan suku hidup rukun. Di kota ini terbentuk kampung-kampung suku dan etnik seperti Pacinan, Kampung Melayu, Kampung Arab, Kampung Ambon, Kampung Bugis, Kampung Jawa  dan lainnya. "Membentuk cerita kota tentang keteladanan kehidupan yang  rukun dan saling toleransi," ujar Direktur LK3 Banjarmasin Rafiqah Bakhriati.

Dia yang juga Koordinator Stand Expo Religi , menuturkan Kegiatan Expo Religi ini sendiri dari tahun ke tahun mendapat respon yang sangat positif dan apresiasi dari banyak pihak, tidak terkecuali Pemerintah Daerah dan para Tokoh Agama. Salah satunya dapat dilihat dari jumlah peserta expo dan penampil yang terus bertambah. "Sampai saat ini peserta expo berjumlah 35 peserta, namun karena keterbatasan hal teknis dan sarana yang ada, banyak lembaga dan komunitas yang tidak bisa terakomodir," ucapnya. 

Rafiqah menambahkan, kegiatan Religi juga dirangkai dengan pelaksanaan workshop Standar Norma Ham bersama Komnas HAM, dilaksanakan pada 24 Oktober yang di ikuti oleh SKPD dan CSO, serta Dialog Kerukunan bersama Pusat kerukunan Umat  Beragama (PKUB) Kemenag RI dengan FKUB pada  26 Oktober 2019. "Mudah-mudahan kegiatan ini membawa manfaat," haturnya. 

Sementara itu Koordinator Bidang Acara Expo Religi, Iskandar Sibawai memaparkan
Di expo religi, juga ada panggung budaya, Sampai hari ini kata ia, sudah ada 40 kelompok penampil yang akan memeriahkan panggung budaya. Jumlah ini akan terus bertambah. Seperti tahun lalu, lebih 60 penampil budaya, semuanya dilakukan secara sukarela. Mereka memeriahkan expo dan berlomba bisa tampil di panggung budaya.

Tujuan dari Religi Expo ini untuk membangun kesadaran bersama akan pentingnya mengelola dan merawat kebhinekaan, saling menghargai atas kenyataan keberagaman. Adapun Tema expo yang diangkat tahun ini yakni "Banjarmasin Kota Rukun". Kegiatan ini akan berlangsung dari tanggal 25 - 27 Oktober 2019. Berlokasi di Km. 0 Banjarmasin. "Expo Religi ini akan dibuka langsung Walikota Kota Banjarmasin, H. Ibnu Sina", kata ketua Panitia Pelaksana, Isya Azhari.

Lanjutnya, Ada 4 rangkaian kegiatan dalam Expo Religi kali ini, yakni pertama, expo  yang diikuti lembaga/komunitas agama-agama, forum kebhinekaan, organisasi perempuan dan pemuda serta lembaga pendidikan berbasis keagamaan. Kedua, pertunjukan seni dan budaya dari berbagai agama dan komunitas, ketiga, Lomba mewarna Ibu dan anak, dan melukis tanggui dan keempat Festival Pakaian Adat Nusantara. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only