Sungai Biyuku, "Berlian Terpendam" Wisata Sungai di Banjarmasin | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Senin, 05 Agustus 2019

Sungai Biyuku, "Berlian Terpendam" Wisata Sungai di Banjarmasin

BERITABANJARMASIN.COM - Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, bertandang langsung ke Sungai Biyuku di Sungai Andai Ujung, Kecamatan Banjarmasin Utara, Ahad (4/8/2019). Warga kampung di daerah itu pun menyambut dengan gembira. Kawasan ini bisa diibaratkan sebagai berlian terpendam, karena sekian lama kurang terjamah.

foto: suarindonesia
Pada kunjungan tersebut, Ibnu terlihat antusias, apalagi Sungai Biyuku tersebut digadang-gadang menjadi destinasi wisata yang patut diperhitungkan. Menurutnya, Sungai Biyuku berpotensi menjadi  tempat wisata yang indah dan memiliki keaslian budaya sungai. Karena alat transportasi masyarakatnya masih banyak menggunakan jukung dan kelotok (perahu motor). 


"Kampung ini sebenarnya jauh ada sebelum adanya perumahan di kawasan Sungai Andai," jelas Ibnu Sina.

Orang nomor satu di Kota Baiman itu juga mengakui suasana kekeluargaan warga Sungai Biyuku yang sangat kental, terutama para acil-acil yang terlihat rukun bersama-sama mengerjakan pekerjaan sambil bercengkrama. Ia pun berharap dengan suasana alam yang natural, pohon hijau dan jembatan melengkung, menjadi daya tarik kearifan lokal. Serta menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan yang ingin menjajal wisata berbasis sungai. Khususnya perkampungan Banjar yang berada di bantaran sungai.

Untuk Sungai Biyuku sendiri rencananya tahun depan akan dilakukan pengerukan, setelah terlebih dahulu melakukan pengerukan di Sungai Purun, untuk menambah nilai destinasi wisatanya. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only