Begini Manuver Pemkot Banjarmasin Buka Kembali Sungai Belasung | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 05 Agustus 2019

Begini Manuver Pemkot Banjarmasin Buka Kembali Sungai Belasung


BERITABANJARMASIN.COM - Dinas PUPR Kota Banjarmasin akan membuat Detail Engineering Design (DED) revitalisasi Sungai Belasung. DED dibuat usai pembebasan lahan di kawasan itu selesai, yang hingga hari ini (5/8/2019) masih bergulir.

Kepala Bidang Sungai, Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Hizbul Wathony mengatakan penganggaran dilakukan menjelang penyusunan anggaran perubahan APBD 2019 dengan pagu 100 juta rupiah.

PANTAU - Dinas PUPR lihat langsung kondisi Sungai Belasung.
Thony juga menyampaikan, saat ini fokus pada pembebasan lahan 20 bangunan milik warga setempat yang berada di bantaran maupun di atas Sungai Belasung untuk selanjutnya sungai tersebut ditarget memiliki lebar seluas tujuh meter.

"Jadi sungainya menyempit karena bangunan, setelah kita bersihkan lahan itu, dan dilakukan DED, targetnya lebar sungai mampu terbuka tujuh meter lah," ucapnya kepada BeritaBanjarmasin.com.

Sesuai data dari PUPR Banjarmasin, dan pihak Kelurahan Kertak Baru Ilir, sebagian besar warga sudah membongkar sendiri bangunan mereka yang berada di sungai. Ia pun berharap sebelum habis masa tenggat waktu yang diberikan, warga bisa mebongkar secara keseluruhan bangunan rumahnya masing-masing.

Saat ini pihaknya juga melakukan penataan pada dua bantaran sungai yakni Sungai Lumbah di Jalan Pramuka dan Sungai Gampa di Jalan Sungai Andai yang rencananya akan direvitalisasi terlebih dahulu. "Ini merupakan program Pemkot Banjarmasin untuk menghidupkan kembali sungai yang mati, dan hingga saat ini Banjarmasin memiliki 174 sungai," bebernya. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only