Kelurahan Tanjung Pagar Berdayakan Perempuan Melalui Keripik Bawang | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Rabu, 28 Agustus 2019

Kelurahan Tanjung Pagar Berdayakan Perempuan Melalui Keripik Bawang


BERITABANJARMASIN.COM - Kelurahan Tanjung Pagar, Banjarmasin Selatan menggandeng LK3 untuk memberdayakan perempuan di lingkungan kelurahannya dengan pelatihan kuliner, Rabu (28/8/2019).

Lurah Tanjung Pagar, Aina mengatakan pelatihan kuliner yang digelar yakni membuat keripik bawang. Hal ini dinilai agar meningkatkan keterampilan dan pendapatan para perempuan juga bagaimana memanfaatkan dana kelurahan agar benar–benar efektif dan dirasakan masyarakat.

Dirinya menjelaskan LK3 (Lembaga Kajian Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan) merupakan lembaga yang konsen melakukan pemberdayaan masyarakat, dan sudah memiliki pelatih yang siap diterjunkan untuk membantu masyarakat. "Mereka juga sudah memiliki komunitas Warung Rukun, kelompok perempuan potensi yang mengembangkan berbagai kegiatan ekonomi," urainya.

Disamping itu, Koordinator Program Penguatan Ekonomi Masyarakat LK3,  Rakhmalina Bakhriati mengatakan bahwa pelatihan ini bagian dari sinergi, kolaborasi antara LK3 sebagai NGO, Organisasi masyarakat sipil dengan Kelurahan sebagai bagian dari Pemerintah Daerah. "Mengentaskan kemiskinan, tidak mungkin dilakukan sendiri oleh pemerintah, perlu peran aktif masyarakat sipil seperti LK3," jelasnya.

Dalam kegiatan ini LK3 menurunkan 2 orang pelatih yaitu Maghdalena dan Yana. Mereka dinilai sudah mahir karena sehari-hari menjadi pengusaha kue kering, termasuk keripik bawang. 

Disini kata Rakhmalina, masyarakat diajarkan cara pembuatannya. Harapannya ada yang mencontoh dan menjadikannya sebagai pekerjaan agar ekonomi keluarga bertambah dan meningkat.

Dirinya juga menawarkan pendampingan bagi perempuan yang serius ingin menjadikannya sebagai lapangan pekerjaan. "Wiraswasta bidang kuliner, khususnya produksi keripik bawang, masih terbuka peluangnya, karena produksinya masih jarang," terangnya.

Pendampingan mulai dari produksi, pemasaran, termasuk pasar online,  hingga berbagai perijinan akan dibantu pihaknya untuk mendampingi. Sampai menjadi usaha, kata Rakhmalina kepada para peserta pelatihan. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only