Pak Aswin, Pelukis yang Perjuangkan Budaya Banjar Lewat Mural | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 27 Juli 2019

Pak Aswin, Pelukis yang Perjuangkan Budaya Banjar Lewat Mural

Pelukis Kalsel, Aswin Noor.
BERITABANJARMASIN.COM - Menjadi seorang pelukis mural sudah menjadi kesenangan tersendiri bagi Aswin. Sejak kecil dirinya memang memiliki hobi dan kesenangan dalam mengambar.

Jurnalis Beritabanjarmasin.com berkesempatan menemuinya, Jumat (26/7/2019) di halaman belakang Perpustakaan Daerah Provinsi Kalsel.  Saat ditemui dirinya sedang duduk beristirahat dari panasnya terik matahari siang.

Lukisan mural menjadi salah satu karya seni yang ia buat, dengan bertemakan kearifan lokal seni budaya Banjar Kalsel, satu demi satu dinding ia lukis. "Kalau objeknya banyak satu frame bisa tiga hari, kalo biasa aja satu sampai satu setengah hari selesai," ucapnya kepada Beritabanjarmasin.com.

Segala hal yang berkaitan dengan item-item seni budaya yang ada di Kalsel dicoba untuk di ekspose. "Kami mau kasih tau kalo ini lho, budaya kita yang sudah mulai tidak dikenali lagi oleh generasi muda," ujar Aswin.

Lewat lukisan yang ia buat Aswin mencoba untuk mengapresiasi seni budaya yang ada di Kalsel baik yang masih bertahan maupun yang sudah langka. Hal tersebut yang mendorong Aswin membuat karya seni mural.

Dari kesukaannya sejak kecil dengan seni lukis, Aswin mulai mengambil keputusan untuk menjadikan keahlian dan hobinya ini menjadi sebuah profesi. Tepatnya dimulai sejak tahun 1989.

Aswin juga biasa berkumpul dengan seniman-seniman lukis lainnya di salah satu sanggar yang ada di Taman Budaya, dirinya menjabat sebagai sekretaris. (fitri/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only