Ramadhan, Berinteraksilah dengan Al Qur'an, Tak Hanya Dibaca, Pahami Isinya | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Minggu, 05 Mei 2019

Ramadhan, Berinteraksilah dengan Al Qur'an, Tak Hanya Dibaca, Pahami Isinya

Ilustrasi: Shutterstock
BERITABANJARMASIN.COM -Ramadhan itu adalah salah satu bulan yang mulia diantara bulan-bulan yang lain. Di Ramadhan, wajib untuk umat Islam berpuasa sebulanan tunai, karena puasa Ramadhan termasuk rukun Islam yang kelima. Menjelang Ramadhan, dai muda Kalsel, ustadz Taslimurrahman memberikan beberapa pesan. 

Salain wajib berpuasa, kenapa bulan Ramadhan ini jadi begitu berbeda, seperti ada sesuatu yang luar biasa. Paling tidak ada tiga macam nang membuat bulan Ramadhan ini begitu istimewa, yang pertama adalah Al Quran turun di bulan Ramadhan seperti yang dikatakan Allah di surah Al Baqarah ayat 185.

Maka dari itu, ujarnya, setiap tahun kita memperingati Nuzulul Quran saat bulan puasa. Bukan di bulan Rajab karena bulan Rajab mamperingati Isra dan Mi’raj, lalu yang kedua adalah pahala dilipatgandakan seperti ibadah sunat tapi pahalanya seperti mengerjakan yang wajib.

yang ketiga adalah setan-setan dibelenggu seperti hadits Nabi yang diriwayatakan oleh Abu Hurairah di kitab Shahih Muslim bab Puasa:

إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ  فُتِحَتْ أَبُوَابُ الجَّنَةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَ صُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ  
Artinya, “Ketika masuk bulan Ramadlan maka pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan syaitan-syaitan dibelenggu,” (HR Muslim).

"Peluang yang Allah berikan untuk kita umat Islam yang ada di bulan Ramadhan jangan sampai berlalu dengan biasa-biasa saja, tidak ada suatu hal yang bermanfaat kita kerjakan, mulai pagi sampai sore hanya tidur saja, banyak banget kesempatan yang dibuang sia-sia," jelasnya.

Jadi harusnya, kata ustadz Taslimurrahman, saat datang bulan Ramadhan ini harus lebih rajin beribadah jangan sibuk bermain saja atau menonton televisi. "Nanti kalau iklannya makanan bisa menganggu puasa," ucapnya sambil bercanda.

Daripada tidak ada yang bermanfaat dikerjakan maka mulai hari pertama sudah berniat ingin berpuasa tunai sebulan, lalu ibadahnya diperbanyak dari pada bulan lain supaya dapat berkah dan selamat dunia akhirat.

Lalu bagaimana cara kita mengisi bulan puasa? Paling tidak ada 3 M yang bisa kita kerjakan yaitu, yang pertama memperbanyak membaca Al Quran, yang kedua memperbanyak beribadah, yang ketiga melatih hawa nafsu agar bisa dikendalikan. (fitri/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only