Malam ini Kapal Ramadhan ACT Kalsel Kirim Bantuan ke Pulau Matasiri | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Jumat, 31 Mei 2019

Malam ini Kapal Ramadhan ACT Kalsel Kirim Bantuan ke Pulau Matasiri

Kapal Ramadhan ACT Kalsel
BERITABANJARMASIN.COM, PAGATAN – Menunaikan amanah masyarakat Kalimantan Selatan untuk korban longsor Pulau Matasiri, Kapal Ramadhan akhirnya diberangkatkan malam ini (31/5/2019). 
Dilepas Sekdakab Tanbu
Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) – Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kalimantan Selatan (Kalsel) telah meluncur sejak pagi tadi dari Banjarmasin menuju Kota Pagatan, Kabupaten Tanah Bumbu. Dan setibanya di Pagatan nanti tim akan bergabung dengan beberapa relawan dari Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru.

Koordinator Program ACT Kalsel Muhammad Budi Rahman Wahid menerangkan bahwa kapal akan berangkat dari pelabuhan di Kota Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu. “Keberangkatan dari Pagatan akan lebih mempercepat pengiriman bantuan karena waktu tempuh hanya sekitar delapan jam, kalau dari Kotabaru bisa mencapai 14 jam perjalanan,” ujarnya.

Budi, sapaan akrabnya, menyebutkan bahwa bantuan yang dibawa merupakan hasil penggalangan dana dari para relawan dan Konser Kemanusiaan bersama Melly Goeslaw beberapa waktu lalu di Banjarmasin. “Bantuan yang dikirimkan mencapai satu ton berupa bahan pangan untuk menyambut lebaran,” ucap Budi.

Kapal Ramadan untuk Pulau Matasiri dilepas oleh Sekda Kabupaten Tanah Bumbu H Rooswandi Salem. Rooswandi menyambut baik dan mendukung program Kapal Ramadan yang diinisiasi ACT. “Ini adalah hal yang baik sekali untuk menunjukkan kepedulian terhadap saudara-saudara kita, mudah-mudahan komunitas lain bisa mengikuti apa yang dilakukan ACT,” tuturnya.

Rooswandi juga berharap kedepan bisa mengajak komunitas-komunitas sosial yang ada untuk bersinergi menyelesaikan masalah sosial di Tanah Bumbu. “Semoga perjalanan Kapal Ramadhan lancar dan selamat di perjalanan sampai ke tujuan,” imbuhnya.

Selain bantuan paket lebaran, belasan relawan turut diberangkatkan. Anjar Supangat, salah seorang relawan MRI Tanah Bumbu mengaku senang sekali bisa ikut dalam ekspedisi Kapal Ramadhan. Meski menjadi pengalaman pertama, Anjar yakin perjalanan ini akan menjadi pengalaman yang sangat mengasyikan. “Ini adalah bagian dari prinsip hidup saya yaitu sebaik-baik manusia ialah manusia yang bermanfaat bagi orang lain. Terima kasih kepada ACT Kalsel yang telah mengajak saya dalam misi ini,” ungkapnya.

Diperkirakan Kapal Ramadan akan sampai di Pulau Matasiri pada besok (1/6/2019) pagi. Direncanakan tim akan langsung mendistribusikan bantuan ke warga Pulau Matasiri hari itu juga. Setelah itu tim akan kembali pada malam harinya.

Pulau Matasiri merupakan salah satu pulau di Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. Warga di sana kebanyakan berprofesi sebagai nelayan. Wilayah tersebut juga dikenal sebagai kawasan endemik Malaria. Sebulan lalu (28/4/2019) terjadi bencana alam berupa tanah longsor. (ACT Kalsel – Retno Sulisetiyani)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only