ZIS Indosat Gandeng Rumah Zakat Luncurkan Desa Berdaya di Banjarmasin | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 13 April 2019

ZIS Indosat Gandeng Rumah Zakat Luncurkan Desa Berdaya di Banjarmasin

Peresmian Desa Berdaya
BERITABANJARMASIN.COM - Launching Desa Berdaya ZIS Indosat digelar di Panti Asuhan Harapan Ibu, Jalan Sungai Miai Dalam, Banjarmasin, Sabtu (13/4/2019).

Acara ini merupakan rangkaian launching yang terus digerakkan Rumah Zakat untuk meresmikan 27 amanah Desa Berdaya yang diberikan oleh ZIS Indosat diseluruh Indonesia. Di Launching Desa Berdaya ZIS Indosat Rumah Zakat bekerjasama dengan Panti Asuhan Harapan Ibu.

Undang-Undang No. 6 tahun 2014 tentang Desa memposisikan desa sebagai gerbang pembangunan di Tanah Air. Dalam menopang program tersebut, Rumah Zakat sejak 2016 telah menggulirkan program pembangunan Desa Berdaya. Hingga pekan ke 1 April tahun 2019, Rumah Zakat telah membangun 1451 Desa Berdaya yang tersebar di 31 provinsi dan 237 di kabupaten/kota di Tanah Air.

Kepada BeritaBanjarmasin Muhammad Luthfi Alfin selaku Branch Manager Rumah Zakat Banjarmasin menuturkan ini merupakan potensi desa berdaya yang dipercayakan teman teman Indosat kepada Kota Banjarmasin. "Kita mempersiapkan kawasan Sungai Miai untuk desk implementasi program berdaya," ujar dia.

Dikatakannya tahun ini ZIS Indosat menambah 12 Desa Berdaya di 8 provinsi di Indonesia. Ditahun sebelumnya ZIS Indosat telah lebih dahulu bersinergi dengan Rumah Zakat dalam program yang sama di 15 Desa. "Jadi Total sampai dengan tahun ini ada 27 Desa Berdaya yang diamanahkan kepada Rumah Zakat," tukasnya.

Dirinya menjelaskan hal ini menunjukkan progesifitas kepercayaan ZIS Indosat kepada Rumah Zakat. Program Desa Berdaya ini menjadi satu tawaran utama pengelolaan dana zakat, infak, dan sedekah dari Rumah Zakat secara produktif.

Sebaran Desa Berdaya ZIS Indosat diantaranya berada di Bandar Lampung, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Riau, dan Yogyakarta. "Untuk di Kalimantan Sendiri kami pilihkan tempat yaitu di kawasan Sungai Miai. Total sampai dengan hari ini Rumah Zakat telah memiliki 1451 Desa Berdaya di seluruh Indonesia," tuturnya.

Lanjutnya, Di setiap desa berdaya terdapat satu relawan inspirasi sebagai person in charge untuk mendampingi dan memonitoring secara langsung Desa Berdaya. Relawan Inspirasi ini juga ada di Desa berdaya Sungai Miai. "Ada satu Relawan Inspirasi yang akan bertanggung jawab mengimplementasikan Program di Desa Berdaya ini yang akan berfokus kepada Capacity building dan Pemberdayaan Ekonomi, Di Desa Berdaya Sungai Miai," tambahnya.

Selain itu Juni hadi selaku Direktur Operasional ZIS PT Indosat, Rumah Zakat Berharap program ini terus berjalan, titik tekannya membantu program pemerintah dalam hal ini Rumah Zakat sebagai lembaga amil zakat nasional."Setelah kegiatan ini rumah zakat akan melakukan sosial mapping di desa ini untuk mengetahui potensi masyarakatnya sehingga akan dibantu difasilitasi untuk dipublikasikan," urainya.

Adapun Eko Arianto selaku sales manager Banjarmasin mengungkapkan harapannya "Kita juga akan doptimalkan di tempat lain, keberadaan indosat diharapkan dapat meningkatkan silaturahim melalui komunikasi dan desanya lebih dapat berdaya," ungkapnya.

Acara di buka langsung  oleh Doyo Pudjadi selaku Assisten bidang perekonomian Pemkot Banjarmasin. Acara ini juga dihadiri langsung oleh Saiful dan Juni selaku Direktur Operasional ZIS Indosat, Managemen Indosat Ooredoo Banjarmasin, jajaran Kelurahan Sungai Miai, jajaran Kecamatan Banjarmasin Utara, serta undangan dan seluruh kader binaan Rumah Zakat di daerah Sungai Miai.

Selain itu kegiatan ini juga di isi dengan Tausiyah oleh ustadz Hendra, kemudian di lanjutkan sambutan dari Pihak Rumah Zakat, ZIS Indosat dan Pemkot Banjarmasin.

Sebagai info, desa berdaya adalah program pemberdayaan dalam cakupan wilayah desa (dan sebagian kelurahan), melalui pendekatan terintegrasi yaitu program capacity building (pembinaan masyarakat), ekonomi, pendidikan, kesehatan, lingkungan hingga kesiap-siagaan bencana, dengan target tumbuh dan berkembangnya kelembagaan lokal yang berdaya untuk mengatasi permasalahannya sendiri dengan menggabungkan kekuatan dan asset yang dimiliki, serta berkolaborasi dengan pihak lain terutama pemerintah desa. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner