Cihuyy! Ada Spiral Horse, Jungkat-jungkit dan Ayunan Safety di RPTRA Banua Anyar | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Selasa, 02 April 2019

Cihuyy! Ada Spiral Horse, Jungkat-jungkit dan Ayunan Safety di RPTRA Banua Anyar

Mainan anak terbaru RPTRA Banjarmasin

BERITABANJARMASIN.COM - Wajah Kota Banjarmasin sekarang ini terus diperindah. Bahkan, kolong jembatan pun disulap menjadi taman bermain ramah anak. Seperti di kawasan Banua Anyar, Banjarmasin Timur.

Hari ini (2/4/2019), BeritaBanjarmasin.com mencoba mengunjungi Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Banua Anyar. Letaknya, sangat anti mainstream: di kolong jembatan.
Ayunan yang lebih aman.

Sejak diresmikan November 2017 lalu, kini RPTRA itu semakin ramai dikunjungi masyarakat. Menjadi referensi liburan yang nyaman, gratis, dan disenangi anak-anak. Selain menjadi tempat bermain anak-anak banyak juga orang-orang dewasa yang hanya sekadar duduk-duduk santai, karena suasana yang cukup nyaman dan bersih.

Namun ada yang menarik belakangan ini. Menurut pantauan kami, terdapat perubahan pada fasilitas RPTRA yang dekat dengan rumah makan Soto Bang Amat itu. Seperti beberapa mainan anak yang lebih aman dan kokoh.

Contohnya saja yang paling mencolok ada pada desain ayunan terbaru. Dengan penyangga melengkung yang lebih kokoh, alas duduk ayunan pun tak terbuat dari papan atau besi yang cukup rawan terkena anak-anak. Alasnya terbuat dari bahan lentur dan lebih langsing.

Kemudian, pada permainan jungkat-jungkit, kini dilengkapi dengan double spiral pegas dengan ukuran jauh lebih besar. Membuat permainan ini jadi lebih aman. Selain itu ada juga mainan baru berupa kuda-kudaan yang ditopang dengan besi spiral. Yang ini tampak jadi favorit anak-anak di sini. 

Ada tiga kuda-kudaan (meski bentuknya tak hanya kuda) yang tersedia. Ada juga perosotan, dan rumput sintetis yang nyaman dipijak. Banyaknya permainan cukup membuat anak-anak jadi senang.

Salah satu pengunjung RPTRA Banua Anyar, Lia saat berbincang santai dengan jurnalis media ini menuturkan, senang dengan fasilitas yang disediakan Pemkot Banjarmasin tersebut. Padahal sekitar lima tahun lalu, kawasan itu hanya berupa kolong jembatan. Tak seperti sekarang yang sudah cantik. "Cukup menyenangkan, menjadi lebih bervariasi, dan lebih bagus sekarang," tuturnya.

Satu lagi keunggulan tempat ini, yaitu: gratis. Kita tak dipungut biaya apapun untuk bisa masuk ke sini. Namun, tetap siapkan uang, karena bagi yang membawa sepeda motor tetap dikenakan biaya parkir Rp2.000. Serta jangan lupa, jaga kebersihan agar fasilitas publik ini tetap terawat dan bersih. (fitri/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only