Antisipasi Konflik, Pemprov Kalsel Adakan Bimtek Mediasi Umat Beragama | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 13 Maret 2019

Antisipasi Konflik, Pemprov Kalsel Adakan Bimtek Mediasi Umat Beragama


BERITABANJARMASIN.COM - Biro Kesra Pemprov Kalsel bekerjasama dengan WMC (Walisongo Mediation Center) UIN Walisongo Semarang, Jawa Tengah mengadakan Bimtek Mediasi Umat Beragama di Hotel Roditha, Selasa (12/3/2019) malam.

Kabiro Kesra Pemprov Kalsel, Ina Yuliana mengatakan ini merupakan program kerja dari Pemprov dalam mendukung program visi dan misi Gubernur Kalsel. "Ini diharapkan akan menambah lagi kader yang menangani konflik umat beragama di Kalsel sampai pelosok daerah," ujarnya.

Dalam melakukan ini menurutnya harus efektif untuk nantinya diberdayakan di masyarakat. Kegiatan berkelanjutan dengan penandatanganan MoU, kader-kader ini yang nantinya akan diberdayakan secara efektif.

Iya juga berharap nantinya alumni dan peserta baru khususnya mengantisipasi adanya gesekan maupun konflik umat beragama. Walaupun toleransi di daerah Kalsel ini cukup bagus harus tetap dirawat dan dipelihara.

Kegiatan ini dihadiri FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama). Nantinya para kader akan dilatih dan dididik. Sesuai program kerja harus 55 jam untuk pendidikan dan pelatihan dan nantinya diberikan sertifikat sebagai alumni oleh WMC Walisongo. "Karena WMC ini merupakan yang terbaik di Indonesia," urainya.

Hal yang sama juga disampaikan Asisten Pemerintahan Administrasi Umum Sekdaprov Kalsel, Heriansyah. Menurutnya perlu peningkatan kompetisi tokoh agama. Sehingga baik dalam konflik intern maupun ekstern dapat teratasi. "Walaupun di Kalsel kerukunan ini terjalin kondusif tetap berhati-hati dalam merawat keberagaman di Kalsel," tegasnya. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only