Muara Teweh Diguncang Gempa 3,5 SR | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 01 Februari 2019

Muara Teweh Diguncang Gempa 3,5 SR

ilustrasi: abcnews

BERITABANJARMASIN.COM - Gempa berkekuatan 3,5 SR mengguncang Kota Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, Kamis (31/1/2019) sekitar pukul 10.38 WITA.

Dilansir melalui web resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) http://bmkg.go.id, gempa terjadi pada pukul 09:38:35 WIB dengan kedalaman 10 kilometer. 

Sedangkan untuk pusat gempa berada di darat tepatnya 12 kilometer utara Muara Teweh, Kalimantan Tengah. Titik koordinat gempa berada di 0.83 Lintang Selatan (LS) dan 114.88 Bujur Timur (BT).

"#Gempa Mag:3.5, 31-Jan-19 09:38:35 WIB, Lok:0.83 LS, 114.88 BT (Pusat gempa berada didarat darat 12 km Utara Muara Teweh), Kedlmn:10 Km Dirasakan (MMI) II-III Muara Teweh #BMKG," tulis BMKG.

Tentu saja peristiwa alam ini membuat panik warga Muara Teweh, seperti yang diungkap Dian Anggraini warga asli Muara Teweh yang berhasil dihubungi oleh wartawan BeritaBanjarmasin.com melalui pesan Whatsapps menuturkan begitu gempa terjadi dirinya sedang berada di rumah dan benar-benar merasakan Magnitude 3,5 SR yang mengguncang Teweh.

"Kebetulan pas ada di rumah, tapi kejadiannya paling kurang lima detik. Jadi saya tidak sadar itu gempa," ungkapnya kepada BeritaBanjarmasin.com, kemarin (31/1/2019).

Dikatakannya, mungkin gempa tidak terlalu dirasakan oleh orang yang beraktivitas di luar rumah. Yang pasti wanita Magister Pendidikan Bahasa Indonesia ULM ini berujar yang membuat dia sadar terjadi gempa karena dinding dan kunci lemari dalam rumahnya bergoyang. "Paling jelas dalam ingatan  kunci lemari bergoyang," terangnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Yuti, warga Muara Teweh ini mengungkapkan merasakan guncangan yang hebat karena sedang berada di kamar atas lantai tiga rumahnya. "Aku sangat merasa, karena kamarku kan lantai tiga, bergetar hebat sampai ke kaca jendela dan aku yang sedang berasa di kasur. Kasurnya juga bergoyang," pungkasnya. (puji/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner