Al Quran Terjemah Bahasa Banjar dalam Data | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 11 Januari 2019

Al Quran Terjemah Bahasa Banjar dalam Data

BERITABANJARMASIN.COM - Tahun 2017 lalu  Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin meluncurkan Al Qur'an dengan terjemah Bahasa Banjar. Lalu di 2018 diluncurkan versi digital.

Setelah lebih satu tahun diterbitkan, bagaimana respon warga Banjarmasin? Apakah sudah mengetahui bahwa sudah ada Al Qur'an dengan terjemahan Bahasa Banjar?


Untuk itulah BeritaBanjarmasin.com mencoba menanyakan beberapa warga Banjarmasin secara acak. Untuk mengetahui sejauh mana warga Banjarmasin mengetahui hal ini. Sekaligus melihat respon yang mereka berikan.


Shinta yang ditemui di kawasan Jalan RE Martadinata misalnya, mengaku baru mengetahui, jika sudah ada Al Qur'an dengan terjemahan Bahasa Banjar. Namun ia mengapresiasi adanya upaya menerjemahkan Al Quran ke dalam Bahasa Banjar. "Baru tau, bagus sih kalau ada terjemah Bahasa Banjar," katanya, Jumat (11/1/2019).


Senada dengan Shinta, seorang warga bernama Ayu yang mengunjungi Siring Balai Kota Banjarmasin juga mengatakan belum mengetahui sebelumnya jika sudah ada Al Qur'an dengan terjemahan Bahasa Banjar. Apalagi juga ada versi digitalnya. "Kalau ada aplikasinya jelas bagus. Membantu warga Kalsel khususnya untuk memahami Al Qur'an," ujarnya.


Sebagai informasi, Februari 2018 lalu Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meresmikan peluncuran Al Qur'an dan Terjemahnya dalam Bahasa Banjar versi Aplikasi Digital. Itu dilakukannya saat berkunjung ke Banjarmasin. Al Qur'an dan terjemahnya dalam Bahasa Banjar bentuk cetak, sudah diresmikan 20 Desember 2017 lalu di Jakarta.


Rektor UIN Antasari, Mujiburrahman dalam peluncuran itu menjelaskan, Al Qur'an dan terjemahnya versi Bahasa Banjar dibuat atas dasar semangat dari masyarakat Banjar. Mengingat masyarakat Banjar mayoritas, hingga di atas 99 persen memeluk Islam.


Namun, saat BeritaBanjarmasin.com mencoba mengunduh aplikasi Al Qur'an dan Terjemah Bahasa Banjar di Google Play Store, Sabtu (12/1/2019) belum ditemukan aplikasi ini. Aplikasi Al Qur'an dengan terjemah Bahasa Banjar baru bisa diunduh lewat penelusuran di mesin pencari Google dalam bentuk apk. (maya/sip)


favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only