Mendukung Keberagaman Warga Kalsel, LK3 Gelar Religi Expo IV | Berita Banjarmasin | Situs Berita Warga Banjarmasin

Sabtu, 03 November 2018

Mendukung Keberagaman Warga Kalsel, LK3 Gelar Religi Expo IV

BANJARMASIN, BBCOM - Mendukung keberagaman di dalam masyarakat yang ada di Indonesia, khususnya Kalsel, Lembaga Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan (LK3) menggelar Religi Expo, Jumat (2/11/2018) di halaman kantor Gubernur Kalsel lama, Jalan Jenderal Sudirman.



Kegiatan yang diselenggarakan keempat kalinya ini mengusung tema "Warna Warni Banua Harmoni, Bergerak Perkokoh Kebangsaan".


Acara ini dimaksudkan sebagai upaya membangun kesadaran bersama dan memperkuat keIndonesiaan dalam bingkai kebhinnekaan lewat peran positif komunitas agama di ruang publik, dan memperkokoh kebersamaan ditengah segala perbedaan yang ada di Kalsel, khususnya di Banjarmasin.


Melibatkan majelis agama/suku/etnis, lembaga pendidikan berbasis agama, komunitas perempuan dan pemuda antar iman dan lain-lain. Rafiqah selaku Ketua Panitia sekaligus Direktur LK3 berujar expo ini juga diharapkan dapat membuka jaringan seluas-luasnya untuk menyuarakan isu-isu perdamaian. "Supaya isu sara di tahun politik yang semakin menguat bisa teratasi dan dicegah," ujarnya kepada awak media.


Kegiatan yang dibuka pada pukul 16.00 Wita ini juga serangkaian mempringati hari toleransi yang jatuh pada 16 November mendatang. Rafiqah juga menuturkan bahwa dari 37 stand yang ada di Religi Expo ini diisi oleh semua perwakilan keagamaan terlibat. 


"Termasuk sekolah-sekolah berbasis agama, lembaga kegaamaan, organisasi perempuan dan pemuda, maupun komunitas-komunitas, kita undang semua," paparnya.


Selian itu, Gubernur Kalsel yang dalam hal ini diwakilkan oleh Asisten Administrasi Umum, H Heriansyah menuturkan sangat meangpresiasi sekali acara ini. "Karena ini merupakan keberagaman Kalsel atau Indonesia dalam rangka kebangsaan," imbuhnya.


Menurutnya, kegiatan ini juga dapat  meningkatkan kepariwisataan Kalsel karena dengan adanya expo ini menampilkan budaya serta kuliner dan mengenalkan kepada masyarakat kita bahwa inilah lintas agama yang ada di Kalsel. "Ini menjaga keberagaman dan kesatuan NKRI kita dengan ini akan terbuka semua perbedaan," tutupnya. (puji/sip)

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only