Memperingati HMPI, PLN Kalselteng Tanam 1.200 Pohon Mahoni | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 29 November 2018

Memperingati HMPI, PLN Kalselteng Tanam 1.200 Pohon Mahoni

BANJARMASIN, BBCOM - Memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI), PLN Kalselteng menanam 1.200 pohon Mahoni di Kawasan Miniatur Hutan Hujan Tropika Setdaprov Kalsel, Rabu (28/11/18). Kegiatan ini adalah bagian dari kegiatan serentak yang dilaksanakan oleh 22 unit kerja PLN se-Indonesia.





“Pagi ini PLN Kalselteng menanam pohon sebanyak 1.200 pohon mahoni. Kami harap pohon yang kami tanam dapat tumbuh subur dan semakin menghijaukan kawasan ini sehingga dapat menjadi paru-paru Kalsel khususnya di wilayah Banjarbaru,” ungkap General Manager PLN Kalselteng, Sudirman saat memberikan sambutan.

  

Sudirman menjelaskan, penanaman pohon oleh PLN merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) PLN Peduli. Bentuk kepedulian PLN terhadap lingkungan ini bertujuan mencegah efek rumah kaca dan mengurangi pemanasan global. Efek gas rumah kaca adalah penumpukan gas Karbon dioksida (CO2) pada atmosfer yang menyebabkan berlubangnya atmosfer.

  

Berdasarkan penelitian, setiap satu hektare hutan tropis dapat mengubah 3,7 ton CO2 menjadi dua ton oksigen (O2). Bertambahnya pohon akan menambah jumlah oksigen yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia. Menanam pohon juga dapat mengurangi abrasi pantai. Program penanaman pohon ini juga bertujuan meningkatkan kepedulian masyarakat untuk ikut menjaga lingkungan karena kegiatan ini melibatkan stakeholder PLN. “Hari ini PLN kembali melakukan aksi tanam pohon sebagai upaya kami dalam menjalankan bisnis ketenagalistrikan yang berwawasan lingkungan. Ini merupakan misi kami,” ujarnya.

  

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor melalui staf khususnya, Ir Rizal Akbar yang mengikuti langsung kegiatan penanaman pohon, menyampaikan apresiasi mendalam pada PLN Kalselteng atas kegiatan penanaman pohon ini.

  

“Mewakili Bapak Gubernur, saya menyampaikan terima kasih, karena PLN Kalselteng telah berkontribusi nyata terhadap program Revolusi Hijau Gubernur Kalimantan Selatan. Kontribusi PLN ini kami harap dapat menjadi contoh budaya positif bagi masyarakat Kalsel," ujarnya.

  

Total dana yang dikeluarkan PLN Peduli untuk penanaman 22.000 pohon di seluruh Indonesia ini sebesar Rp 3,19 Milyar. Dana tersebut selain untuk penanaman pohon dipergunakan pula untuk pemeliharaan pohon agar tetap tumbuh dengan baik.

  

Sebagai informasi kegiatan ini merupakan kelanjutan dari aksi tanam pohon tahap I yang dilakukan pada 5 Juni 2018 lalu, dengan melibatkan 32 unit PLN se-Indonesia untuk menanam 34.000 pohon, serta dana mencapai Rp 4,64 milyar. (nirya/sip)


Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner