Besok Tradisi Ba Ayun Maulid di Masjid Jami Banjarmasin, Disediakan 492 Ayunan | Berita Banjarmasin | Situs Berita Warga Banjarmasin

Senin, 19 November 2018

Besok Tradisi Ba Ayun Maulid di Masjid Jami Banjarmasin, Disediakan 492 Ayunan

BANJARMASIN, BBCOM - Tradisi Ba Ayun Maulid yang digelar setiap 12 Rabiul Awwal kali ini kembali digelar di Kota Banjarmasin, besok (20/11/2018). Disediakan 492 ayunan, sesuai dengan usia Kota Banjarmasin, 492 tahun.


foto: alif.id


Kegiatan akan dilaksanakan di Masjid Jami, Kelurahan Surgi Mufti, Kecamatan Banjarmasin Utara. Ba Ayun Maulid dijadwalkan dimulai pada pukul 09.00 WITA. Bahkan juga disediakan berbagai doorprize.


Tradisi Ba Ayun Maulid sendiri biasanya dirangkai dengan pembacaan syair maulid untuk menanamkan kepada generasi muda, kecintaan kepada Rasulullah saw. Dengan mengetahui sejarah kelahiran Nabi Muhammad saw. dan yang paling utama adalah mengamalkan sunnah yang dicontohkan Rasulullah saw.


Tradisi Ba Ayun Maulid di Banjarmasin maupun di Kampung Banua Halat Kabupaten Tapin, pada tempo dulu dikenal dengan sebutan Ma Ayun Anak. Pada asal mulanya ma ayun anak adalah sebuah tradisi Banjar zaman dahulu, sebelum Islam masuk ke Banua Banjar.


Pada awal sejarahnya memang merupakan kepercayaan tradisi, namun setelah ajaran Islam itu masuk, kegiatan tradisi ini berubah, dari tradisi lama ke tradisi baru yang disebut Ba Ayun Maulud. Atas kearifan para alim ulama terdahulu yang mula-mula menyebarkan Islam ke Banua, mengalihkan tradisi-tradisi lama ke tradisi baru yang disebut Ba Ayun Maulud. Ba Ayun Mulud adalah Ma Ayun Anak yang dilakukan di dalam masjid pada Hari Perayaan Maulid Nabi Muhammad saw tanggal 12 Rabiul Awwal. (sip/sip) 

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
Banner iklan disini