Sungai Jaruju "Dipermak" Jadi Destinasi Wisata di Banjarmasin | Berita Banjarmasin | Situs Berita Warga Banjarmasin

Kamis, 06 September 2018

Sungai Jaruju "Dipermak" Jadi Destinasi Wisata di Banjarmasin

Ahmad Fanani Saifuddin/beritabanjarmasin.com
BANJARMASIN, BBCOM - Pemkot Banjarmasin kembali mengembangkan destinasi wisata sungai terbaru. Setelah "menyulap" bantaran Sungai Bilu menjadi Kampung Hijau, kini giliran kawasan Sungai Alalak yang akan dipermak. Tepatnya di Sungai Jaruju. Seperti apa sih?

Rencananya rumah warga di pinggiran Sungai Jaruju akan dipermak dengan konsep dua muka. Konsep menarik ini disampaikan oleh Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Banjarmasin, Ahmad Fanani Saifuddin.

Diuraikannya, tahap awal Pemkot Banjarmasin akan memulai pengerjaan dengan memotong bagian belakang rumah yang ukurannya terlalu menjorok ke badan sungai. Tujuannya agar sungai bisa terkesan lebih lebar.

Dana yang digunakan untuk permulaan bersumber dari APBD dengan anggaran dua miliar rupiah. Digunakan untuk menata 15 hingga 20 persen bangunan warga yang bakal dipercantik dengan konsep dua muka. Meski memerlukan dana tambahan, ia optimis bisa terselesaikan. "Jika berhasil, harapan kita sumber dana yang lain menyusul," jelas dia.

Penataan bantaran Sungai Alalak tersebut, sambungnya, merupakan upaya pemkot untuk mengembangkan destinasi wisata baru di lima kecamatan dan menata kota. Mengingat dari 549 hektare kawasan kumuh, masih tersisa sekitar 40 persen merupakan kawasan bantaran sungai. (arum/sip)

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only