Banjarmasin Ditunjuk Jadi Tuan Rumah AKKOPSI Sharing Cities | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 15 Agustus 2018

Banjarmasin Ditunjuk Jadi Tuan Rumah AKKOPSI Sharing Cities

Suasana  Rapat Pimpinan Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI)/beritabanjarmasin.com

JAKARTA, BBCOM – Rapat Pimpinan Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI), Selasa (14/8/2018), di Jakarta, berhasil merumuskan beberapa keputusan  penting dalam rangka pengembangan organisasi dan kota yang tergabung dalam organisasi tersebut.

Menariknya, salah satu rumusan kesepakatan dalam rapat yang dipimpin Ketua AKKOPSI yang juga Wali Kota Makassar Dhany Pomanto dan dihadiri Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina yang menjabat sebagai Ketua III AKKOPSI.

Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina menyatakan,  Kota Banjarmasin terpilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan AKKOPSI Sharing Cities (ASC). Kegiatan tersebut, terang H Ibnu Sina, rencananya akan dilaksanakan 19-20 November  2018. 

“Sebelum melaksanakan ASC di Kota Banjarmasin, terlebih dahulu AKKOPSI akan melaksanakan kegiatan City Sanitation Summit (CSS) di Kota Jambi 24-25 Oktober 2018. Setelah itu, baru dilaksanakan ASC di Kota Banjarmasin yang kemudian dilanjutkan ASC di Malang, Desember 2018,” jelasnya.

Tema yang akan diangkat dalam kegiatan ASC di Banjarmasin nanti, jelasnya lagi, akan difokuskan tentang sampah Plastik, dan masa depan Indonesia. 
Foto bersama AKKOPSI/beritabanjarmasin.com

Untuk kegiatan di Kota Banjarmasin tema yang akan diangkat tentang pengelolaan sampah plastik di kawasan sungai dan pesisir. Sedangkan ASC di Malang akan mengangkat tema tentang edukasi sampah.

Kegiatan lain yang juga masuk dalam agenda AKKOPSI, yaitu pelaksanaan Penghargaan Smart Sanitation Award (SSA) pada puncak City Sanitation Summit (CSS) bekerjasama dengan  Kementerian PUPR.

Untuk diketahui, penyusunan kepengurusan Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) periode masa bhakti 2017 - 2021 telah dilaksanakan di Ball Room Hotel The Rinra, Makasar, pada tangga 01 Bulan Juli tahun 2017 lalu. 

Selain memilih Walikota Banjamasin H Ibnu Sina sebagai Ketua III, rapat tersebut memutuskan beberapa agenda kegiatan organisasi diantaranya, program City Sanitasi Summits, Forum Pembelajaran Tingkat Nasional dan Regional, Smart Sanitation Award dan Advokasi Horisontal Learning (AHL).

AKKOPSI beranggotakan 458 orang kepala daerah kabupaten/kota. Tujuan dibentuknya AKKOPSI untuk menjadi mitra strategis pemerintah untuk bidang sanitasi, air minum, dan daerah kumuh. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner