Ikhtiar 'Meangkat Batang Tarandam', Banjarmasin Punya Kampung Mural | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 14 Juni 2018

Ikhtiar 'Meangkat Batang Tarandam', Banjarmasin Punya Kampung Mural

Salah satu lukisan mural di Tanjung Maya, Kelurahan Karang Mekar/beritabanjarmasin.com
BANJARMASIN, BBCOM – Bulan Ramadhan tidak menjadikan warga kota Banjarmasin menjadi malas untuk melakukan kegiatan yang kreatif, justru Ramadhan mempunyai anugerah tersendiri.

Ya, pada Selasa (12/06/2018) warga kawasan Tanjung Maya RT 03, Kelurahan Karang Mekar, Banjarmasin Timur membuat sebuah mural (melukis di tembok atau permukaan luas-red) dalam rangka menjadikan lingkugan bersih dan nyaman.

Walikota Banjarmasin Ibnu Sina yang langsung menyambangi lokasi tersebut memberi penghargaan yang sebesar-besarnya kepada warga setempat atas kreativitasnya menjadikan tempat yang dulunya kotor menjadi seni yang indah. “Saya menghargai kreativitas warga untuk mempercantik kampung, sebagai upaya mendatangkan sebanyak-benyaknya orang berkunjung, mudah-mudahan ini akan menjadi salah satu sarana mendidik masyarakat untuk mengenal budaya banjar dan keseniannya,” ujar Ibnu.

Senada dengan orang nomor satu di bumi kayuh baimbai tersebut, Ali Seven kreator pelukis mural memaparkan, pembuatan lukisan tembok itu dilakukannya agar lingkungan tempat tinggalnya indah dan rapi. “Ide pembuatannya sudah enam bulan yang lalu, setelah terkumpul dana, pelaksanaan pembuatannya kami lakukan sejak awal Ramadhan tadi,” tukasnya.

Masih menurutnya, pengerjaan lukisan tersebut hanya dilakukan dua orang saja, setelah mendapat bantuan dari kawan-kawan Taman Budaya Kalsel, akhirnya lukisan yang berjumlah 30 tema itu, selesai sebelum hari Raya Idul Fitri 1439 hijriah. “Sekitar satu bulan kami mengerjakannya pada malam hari setelah taraweh sampai subuh. Istilahnya kami meangkat batang tarandam (menghidupkan kembali kesenian atau kebudayaan yang mulai di lupakan-red). Kita coba angkat kepermukaan melalui Mural. Jadi lukisan ini kami beri narasi, sehingga ketika orang melintas akan melihat foto serta membaca,” pungkasnya.

Dari pantauan, beragam tema terlukis di dinding tembok disepanjang kawasan jalan tersebut, mulai dari tema kesenian tradisonal, hingga gambar pasangan Gubernur Kalsel dan pasangan Walikota Banjarmasin pun terlihat ditembok tersebut, lengkap dengan narasinya. (arum/puji/ayo)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner