Amalia Rezeki: Stop Perburuan dan Jual Beli Bekantan di Kalsel | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 02 Juni 2016

Amalia Rezeki: Stop Perburuan dan Jual Beli Bekantan di Kalsel

BERITABANJARMASIN.COM - Bekantan sebagai satwa yang dilindungi sekaligus maskot Kalimantan Selatan benar-benar perlu perhatian khusus. Belakangan perburuan satwa langka ini sempat membuat heboh. Bahkan sampai dijual seperti barang dagangan. Biodiversitas Indonesia mengajak semua elemen masyarakat untuk sama-sama mencegah hal ini terulang.

Ketua Biodiversitas Indonesia, Amalia Rezeki mengaku cukup cemas dengan keadaan ini. Ia menceritakan, baru-baru ini di daerah Balangan ditemukan kasus perburuan bekantan. Alasannya cukup ironis, daging bekantan dianggap bisa dijadikan obat kuat untuk para lelaki.

"Satwa langka bekantan ini dilindungi undang-undang. Acaman hukumannya tidak main-main bagi yang memburu dan menjualbelikannya. Ancaman penjara dan denda seratus juta," tegas Amalia, saat menjadi narasumber dalam Seminar Hari Lingkungan Hidup Dunia di Sasangga Banua Room, Pemprov Kalsel, Kamis (2/6/2016).

Ia pun menjelaskan, saat itu kepala daerah setempat cukup sigap. Salah satunya dengan langsung mengeluarkan surat edaran yang mengimbau masyarakat untuk tidak memburu dan menjualbelikan bekantan. Bukan hanya bekantan, beberapa jenis satwa liar lainnya turut terancam menjadi jualan. "Tentunya ini bukan hanya tugas kepala daerah atau pemangku kebijakan. Ini tugas kita semua. Seluruh rakyat Kalsel untuk turut menjaga keanekaragaman hayati, khususnya bekantan," urainya.

Amalia juga memaparkan, pihaknya menemukan fakta mencengangkan yang sebelumnya tak diakui dunia. Fakta itu adalah ditemukannya habitat orang utan di Kalimantan Selatan. Tepatnya di daerah Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara. "Itu bukan orang utan pindahan dari Kalteng. Masyarakat di sana sudah mengetahui ada habitat bekantan di daerah itu sejak kakek buyut mereka. Itu faktanya. Kalsel punya habitat orang utan," kata dia.

Namun sayang, habitat orang utan itu kemudian terancam oleh rencana alih fungsi lahan di daerah tersebut. Sehingga perlu perhatian serius. [orin/sip]

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner