Meneropong Tenun Pagatan yang Menasional | Berita Banjarmasin | Berita Kalimantan Selatan | Media Online Banjarmasin

Rabu, 20 Mei 2015

Meneropong Tenun Pagatan yang Menasional

BERITABANJARMASIN.COM – Keanekaragaman budaya dan kesenian di Kalimantan Selatan memang memukau. Barangkali kita sudah familiar dengan kain khas daerah ini yaitu kain sasirangan. Kali ini ada lagi kain khas yang dikembangkan dengan teknik tenun. Corak dan warna juga berbeda dengan kain sasirangan. Kain ini diberinama tenun Pagatan.

FOTO: BeritaDaerah.co.id

Tenun Pagatan dikembangkan di daerah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Kabarnya, hasil tenun ini adalah karya dari orang-orang berdarah bugis yang menetap di Pagatan.

Di Kalimantan Selatan sendiri, budaya tenun memang sudah ada sejak zaman kerajaan Dipa, Amuntai saat masih berdiri di Kalimantan Selatan masa lampau. Hal itu bisa kita deteksi dari naskah tutur candi yang menceritakan proses menenun.

Daerah Pagatan sendiri masuk daerah Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu. Kini Tenun Pagatan kian sering dipamerkan dalam event-event nasional. Selain menambah khasanah budaya serta mengharumkan nama banua, Tenun Pagatan juga tentu bernilai ekonomis dan diharapkan mampu meningkatkan taraf ekonomi masyarakat. [bnc]

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only