Deteksi Dini Banjir, Bidang Sungai Dinas PUPR Banjarmasin Luncurkan Sistem Grasi Istri | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Selasa, 12 Desember 2023

Deteksi Dini Banjir, Bidang Sungai Dinas PUPR Banjarmasin Luncurkan Sistem Grasi Istri

BERITABANJARMASIN.COM - Bidang Sungai Dinas PUPR Banjarmasin luncurkan sistem Grasi Istri sebagai aksi perubahan sistem pelayanan publik diteksi dini bencana banjir.

Kepala Bidang Sungai Dinas PUPR Banjarmasin, Hizbul Wathony mengatakan sistem tersebut mengacu pada banjir 2021 sebelumnya.

"Grasi Istri" adalah sebuah sistem layanan publik yang sedang dikembangkan sebagai sarana informasi yang mampu memberikan peringatan dini bencana banjir di Kota Banjarmasin. 

Sistem itu lanjutnya dikembangkan agar mampu memberikan akses informasi kepada masyarakat lewat suara, situs web dan pesan singkat.

"Intinya aksi perubahan ini langkah awal dalam membangun sistem informasi peringatan dini banjir," terangnya, Selasa (12/12/2023).

Thony juga menyampaikan sistem itu bekerja dengan menggunakan data yang diintegrasikan antara data stasiun telemetri model banjir dan aktualisasi banjir di lapangan. 

Selain itu sistem tersebut bekerja dengan memadukan sensor tinggi muka pada stasiun telemetri dengan dampak tinggi muka air di kawasan kota seribu sungai.

 "Ketika ketinggian muka air telah mencapai ketinggian batas tertentu," imbuhnya.

Selanjutnya sensor akan membaca dan hasilnya akan ditampilkan di web yang dapat diakses di berbagai device (laptop, smartphone, maupun kedepan ada papan running teks yg dipasang di sudut kota.

Dimana Banjarmasin memiliki 3 stasiun telemetri, yakni stasiun pengukuran tinggi muka air pasang dan surut sungai dan pengukuran curah hujan.

Adapun tiga stasiun itu masing - masing ada di bagian hulu atau di daerah sungai gampa, di bagian tengah kota ada di samping menara pandang dan di bagian hilir kota atau di Sungai Barito Kelurahan Mantuil. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner