Festival Kamber 2023 Resmi Dibuka, Wali Kota Ibnu Sina: Ajang Persiapan Inorga ke Fornas Jabar | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 26 Juni 2023

Festival Kamber 2023 Resmi Dibuka, Wali Kota Ibnu Sina: Ajang Persiapan Inorga ke Fornas Jabar

BERITABANJARMASIN.COM - Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina membuka secara resmi Festival Kampung Bermain sekaligus melepas peserta jalan sehat di Siring Balai Kota Banjarmasin, Minggu (25/6/2023).

Ibnu mengatakan kegiatan tersebut sebagai pematangan persiapan ratusan Inorga Kormi Kota Banjarmasin sebelum berangkat ke ajang Festival Olaharaga Masyarakat Nasional (Fornas) di Jawa Barat pada 2-9 Juli 2023. "Akan banyak sekali atlet dari Banjarmasin akan mengikuti kegiatan Fornas tersebut," terangnya.

Ia mengatakan para Inorga yang berangkat nantinya memiliki potensi besar untuk meraih medali banyak karena sebelumnya Banjarmasin pernah menjadi juara umum di Fornas Kalimantan Timur (Kaltim). "Sehingga diharapkan Fornas tahun ini bisa mempertahankan juara umum," sambungnya.

Selain itu, ujar wali kota dua periode tersebut festival Kampung Bermain (Kamber) sebagai ajang penjaringan bibit pegiat atau atlet unggulan yang bisa dibina selanjutnya.

Meski Kormi merupakan olahraga masyarakat, namun tetap lanjutnya atletnya harus dibina karena memiliki prestasi. "Juga ada perhatian dari pemerintah bagaimana memasyarakatkan olahraga dan meolahragakan masyarakat," jelas ia.

Sementara Bendahara Umum Kormi Kota Banjarmasin, Evi Yanti menambahkan bahwa saat ini tercatat ada 24 Kamber yang telah diresmikan dan tersebar dilima kecamatan.

Hal itu tentunya kata ia mendapatkan pengawasan dari pihaknya dalam pengelolaan Kamber untuk tetap eksis dan ramai. "Kami terus mengawal Kamber yang sudah diresmikan," ucapnya 

Terutama dalam pemberian edukasi terhadap para pengelola Kamber dalam perawatan alat permainan tradisional yang terbuat dari bahan yang tidak cukup kuat. Agar permainan tradisional bisa tetap dirasakan masyarakat dengan alat yang telah dihibahkan ke pengelola.

Diketahui, ada 9 olahraga atau permainan yang diperlombakan di 24 Kampung Bermain se Kota Banjarmasin pada festival tersebut, diantaranya Balogo, Hadang, Lari Balok, Terompah, Senam Kayuh Baimbai, Ketapel, Bagasing, Panco dan Gebuk Bantal. (arum/maya)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner