Wali Kota Ibnu Sina Berpesan Para Guru Terus Tanamkan Budi Pekerti dan Etika | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Selasa, 02 Mei 2023

Wali Kota Ibnu Sina Berpesan Para Guru Terus Tanamkan Budi Pekerti dan Etika

BERITABANJARMASIN.COM - Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin melalui Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin menggelar Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023, bertempat di Lapangan SKB di komplek Mulawarman, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Selasa 02/05/2023.

Peringatan Hardiknas tersebut dipimpin langsung oleh Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina, turut hadir Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman dan Pimpinan SKPD di Lingkungan Pemerintah Kota serta Ratusan orang terdiri dari siswa siswi dan guru dari sekolah Jenjang, PAUD, SD, SMP dan SMA di Kota Seribu Sungai, nampak berkumpul di lapangan  untuk melaksanakan apel.

Uniknya, dalam apel yang dihadir Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina bersama jajaran SKPD Banjarmasin itu, para peserta turut mengenakan pakaian adat tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.

H Ibnu Sina menyampaikan, dari amanat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia bahwa sangat penting untuk menyemarakkan Kurikulum Merdeka Belajar.

"Sesuai amanat pak menteri, dengan tema 'Bergerak Bersama, Semarakkan Merdeka Belajar. Jadi sangat penting kita laksanakan di daerah seperti di pendidikan tingkat dasar dan menengah yang msnjadi kewenangan pemko Banjarmasin," ungkap H Ibnu Sina.

Tentunya, hal ini menjadi perhatian jajaran Pemko Banjarmasin khususnya melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Banjarmasin.

"Sehingga guru-guru penggerak dan sekolah inklusi juga bisa di Kota Banjarmasin," katanya.

Oleh sebab itu, Ia juga memberikan penghargaan kepada beberapa sekolah penggerak di Banjarmasin.

Pada hakikatnya, H Ibnu Sina mengatakan pendidikan itu memerdekakan dan mencerdaskan. Lantas, ia pun berharap para guru tak hanya memberikan ilmu kepada murid, namun juga memberikan etika.

"Sehingga anak kita cerdas dalam akal budinya, dan juga etikanya dia harus diajarkan juga," tuturnya.

"Makanya pendidikan dan pengajaran itu penting. Sesuai amanat Ki Hajar Dewantara. Ing Ngarso Sun Tulodho, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani. Artinya di depan (pimpinan) harus memberi teladan, di tengah memberi bimbingan dan di belakang memberi dorongan," sambung H Ibnu Sina.

Tak hanya itu, dalam momen Hardiknas tahun 2023 ini, H Ibnu Sina berharap, kualitas pendidikan di Banjarmasin bisa ditingkatkan. (Diskominfotik - Bjm)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner