Zuriat Sampaikan Hikmah di Balik Pelaksanaan Haul ke-217 Datu Kelampayan | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 28 April 2023

Zuriat Sampaikan Hikmah di Balik Pelaksanaan Haul ke-217 Datu Kelampayan

BERITABANJARMASIN.COM - Pelaksanaan haul ke-217 Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari atau Datu Kalampayan menyimpan hikmah dibaliknya.

Apalagi kegiatan yang terpusat di Masjid Jami Tuhfaturroghibin, Desa Dalam Pagar Ulu Martapura Kabupaten Banjar Kamis (27/4/2023) tersebut berhasil mendapat antusias tinggi dari masyarakat.

Salah satu Zuriat Datu Kalampayan dari jalur Taniran Kandangan, H Ahmad Sufian Al Banjary menyampaikan hikmah yang dapat diambil dari haul ini yaitu menyatukan masyarakat tak terkecuali para ulama dan umara.

"Beliau menguasai semua disiplin ilmu baik fiqih, tauhid tasawuf atau akhlak dan pelajaran itu dapat dijadikan teladan bagi kita," ujarnya.

Lanjutnya, Datu Kelampayan semasa hidupnya juga bersinergi dan membangun kolaborasi dengan Sultan ataupun pemerintahan di zamannya sehingga dapat mencapai kesejahteraan di masyarakat.

"Kami berharap dari haul ini menambah kecintaan kepada Rasullullah SAW, para Wali Allah, ulama serta mempererat persatuan dan kebersamaan umat," terangnya.

Sementara itu, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menyampaikan sosok Datu Kelampayan banyak berjasa terutama dengan pengetahuannya terhadap agama islam untuk kemajuan banua.

Oleh karena itu, di masa kepemimpinannya, Sahbirin berupaya menyelesaikan pembangunan jalan menuju kubah Datu Kalampayan. Selain itu juga pembangunan Masjid Raya Syekh Muhammad Arsyad Al -Banjari di kawasan perkantoran Banjarbaru. 
(maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner